Kamis, 28 Maret 2024

Buaya Berkeliaran di Dam Duriangkang

Berita Terkait

Pemandangan dari udara Waduk Duriangkang.
Foto/ATB/Benny Andrianto

batampos.co.id – Masyarakat yang beraktifitas di sekitar Dam Duriangkang, Seibeduk dihimbau waspada. Pasalnya di sekitar dam itu diinformasikan berkeliaran buaya liar sejumlah buaya liar berukuran besar.

Beberapa hari terakhir ini warga pengguna media sosial heboh dengan beredarnya sebuah video yang merekam seekor buaya besar yang tengah bertengger di semak-semak yang terindikasi sebagai sarangnya di dam Duriangkang, Mukakuning.

Informasi yang beredar buaya tersebut buaya betina yang tengah bertelur. Meskipun yang terekam hanya satu ekor namun warga meyakini banyak buaya serupa berkeliaran di sana.

Ini dibenarkan oleh masyarakat yang berdiam dan sering mancing di sekitaran dam. Buaya yang berkeliaran di sekitar dam cukup banyak sebab kerap terlihat di tempat yang berbeda-beda.

“Sudah banyak orang yang nampak. Sampai ke dalam sana mereka berkeliaran,” ujar Andre, warga yang bermukim dekat lokasi dam depan Pintu Tiga Batamindo.

Pihak kecamatan Seibeduk saat dikonfirmasi mengaku akan segera tindak lanjuti temuan warga itu. Jika memang benar adanya mereka akan berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait untuk upaya pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami akan cek. Kalau benar adanya tentu akan ditindak lanjuti. Kami juga minta masyarakat untuk selalu waspada dan kurangi aktifitas di sekitar dam,” ujar Camat Seibeduk Gufron. (eja)

Update