Jumat, 29 Maret 2024

KPU Petakan TPS Untuk Santri

Berita Terkait

batampos.co.id – Demi menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) 17 April mendatang, Komisi Pemilihan Batam (KPU) turun hingga ke pesantren untuk menjaring pelajar usia pemilih. Selain sosialiasi, KPU Batam juga mengajak pelajar ikut menggunakan hak pilihnya.

Komisioner KPU Batam, Sudarmadi mengatakan pemilih pemula merupakan salah satu yang diharapkan bisa mendongkrak partisiasi pemilih April mendatang.

“Jadi semua sudah kami data. Nanti juga satu TPS akan ditempatkan di pesantren. Karena siswa tidak bisa keluar, jadi ini akan memudahkan dan mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya,” kata dia, Rabu (20/2/2019).

Untuk Pemilu kali ini terdapat 2.972 tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah dipetakan KPU. TPS juga akan ditempatkan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan (Rutan), kawasan industri dan pesatren.

Ia mengungkapkan di pesantren jumlah siswa usia memilih cukup banyak. Seperti di salah satu pesantren yang berada di Nongsa. Berdasarkan data jumlah pelajar usia memilih mencapai 400 lebih. “Makanya kami rencanakan meletakkan satu TPS di sana,” sebutnya.

Sudarmadi menyebutkan hingga saat ini KPU masih terus melakukan sosialisasi terkait ppesta demokrasi ini. Nantinya ada lima surat suara yang akan mereka coblos. Sebagai pemilih pemula tentu ini merupakan hal baru bagi mereka. “Kami sangat yakin partisipasi pemilih pemula ini akan tinggi,” imbuhnya.

Berdasarkan data sementara sedikitnya terdapat 60 ribu lebih pemilih pemula yang didominasi pelajar SMA dan sederajat dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mencapai 650 ribu jiwa. “Angkanya masih terus bertambah karena hingga saat ini kami masih terus mendata pemilih,” ucap Sudarmadi.

KPU Batam menargetkan bisa mendokrak partisipasi pemilih melalui pemili pemula ini. Pemilu April ini KPU menargetkan partisipasi pemilih sebanyak 77,5 persen dari total 650 ribu pemilih.

“Sebelumnya di Pilkada Batam yang menggunakan haknya tidak mencapai 50 persen. Ini yang akan kami tingkatkan,” tutup. (yui)

Update