Sabtu, 20 April 2024

Optimalkan Potensi Wisata Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Forum Tanggung jawab Sosial Perusahaan (TSP) Kota Batam berkomitmen terhadap pengembangan sektor pariwisata di Batam. Jika dikelola dengan optimal, potensi wisata Batam sebenarnya tidak kalah dengan daerah wisata unggulan lainnya di Indonesia.

Ketua Forum TSP Batam Johanes Kennedy mengatakan, Batam memiliki potensi wisata yang sangat besar. Terutama wisata bahari di wilayah pesisir Batam. Lokasi Batam yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia juga bisa menjadi nilai tambah yang bisa ditawarkan kepada para wisatawan.

“Inilah yang harus kita kelola bersama,” kata Johanes Kennedy, Kamis (21/2).

Pria yang akrab disapa Jhon ini mengatakan, saat ini pemerintah sudah membangun beberapa sarana penunjang pariwisata. Misalnya Pemko Batam yang telah membangun infrastruktur jalan raya yang baik. Menurut dia, jalan yang luas dan bebas kemacetan menjadi salah satu modal utama pengembangan sektor pariwisata di Batam.

“Jalan raya sudah bagus. Lebar dan mulus. Dan menurut saya sudah tidak terlalu sulit untuk mengembangkan destinasi wisata yang ada,” katanya.

John Kennedy
foto: batampos.co.id / dalil harahap

Jhon menambahkan, selain tersohor dengan destinasi wisata belanjanya, Batam juga memiliki potensi wisata bahari yang besar. Misalnya di Rempang dan Galang. Di sana terdapat pantai-pantai yang sangat indah lengkap dengan panorama bawah lautnya yang menawan.

Juga, Batam memiliki beberapa ikon wisata yang cukup populer. Salah satunya Jembatan Barelang. Namun menurut Jhon, semua potensi wisata itu belum dikelola dengan maksimal.

“Ini bukan hanya tugas pemerintah semata. Semua pihak harus bersama-sama untuk membangun Batam ini,” katanya. “Kami sudah menyusun program kerja. Saat ini sudah banyak perusahaan BUMN dan swasta yang sudah gabung, perbankan sudah hampir semua. Kami berharap akan semakin banyak lagi yang bergabung,” harapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, pihaknya juga fokus dalam mengembangkan Batam sebagai daerah pariwisata. Dan ia mendukung penuh program TSP Kota Batam dengan programnya yang sangat nyata untuk mengembangan paririwisata di Batam.

“Memang masih banyak destinasi yang belum tertata dengan baik. Mari kita sama-sama mendorong pariwisata terus berkembang,” katanya. (ian)

Update