SEORANG model berpose dengan Mitsubishi Xpander saat pameran di Kepri Mall, Batam, beberapa waktu lalu. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

Sejak pertama kali diluncurkan pada Agustus 2017 lalu, Mitsubishi Xpander mendapat sambutan antusias dari masyarakat Indonesia. Tak hanya di wilayah perkotaan, MPV generasi masa depan ini juga menjadi idola baru bagi konsumen di tapal batas negara.

SUPARMAN, Batam

Loading...

Nyaman, mewah, hemat, dan family friendly. Bagi Jannatun Naim, empat kata itu sangat tepat untuk mendiskripsikan Mitsubishi Xpander. Mobil keluarga yang ia beli pada November 2017 lalu.

Wanita yang akrab disapa Naim ini mengatakan, nyaman menjadi kesan pertama saat ia naik Mitsubishi Xpander Ultimate miliknya itu. “Kabinnya luas dan lapang. Jadi mobil ini sangat nyaman,” kata Naim menceritakan pengalamannya dengan Xpander kepada Batam Pos, Jumat (22/2).

Selain nyaman, menurut Naim Xpander juga memiliki tampilan yang mewah. Baik dari sisi interior maupun desain eksteriornya. Meskipun dari sisi harga, Xpander tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan mobil-mobil mewah lainnya.

Kesan mewah itu, kata Naim, makin terasa saat malam hari. “Ketika pintu mobil dibuka dan semua lampu menyala, saya merasa sedang berada di sebuah mobil yang sangat mewah,” katanya.

Naim merasa kesan itu tidak terlalu berlebihan. Sebab respon serupa juga sering ditunjukkan oleh teman-temannya saat pertama kali melihat Xpander Ultimate miliknya. Misalnya, saat ia mengantar atau menjemput putrinya pulang sekolah di sebuah SD Islam di kawasan Tiban, Batam, Kepulauan Riau.

Tak jarang, kata Naim, ibu-ibu yang merupakan orangtua dari teman putrinya itu mencandainya dengan maksud memuji. “Mereka selalu bilang, awas ada Xpander lewat,” kata Naim sambil tertawa. Maklum, kala itu belum banyak Mitsubishi Xpander yang mengaspal di Batam.

Bahkan, karena kesan mewah itu, teman-temannya itu tak langsung percaya saat ia mengatakan bahwa harga mobil itu tidak terlalu mahal. Harganya setara dengan mobil-mobil keluarga lainnya.

Yang tak kalah penting, menurut Naim, Xpander juga lebih irit bahan bakar jika dibandingkan dengan mobil sekelas lainnya. Terutama jika dibandingkan dengan ketiga mobil keluarga milik naim sebelumnya.

“Untuk detil seberapa hematnya, suami saya yang lebih paham. Karena dia yang selalu bilang mobil ini sangat irit,” kata istri dari Andi Gino ini.

Kemudian, bagi Naim Mitsubishi Xpander juga sangat family friendly. Sebab banyak fitur interior yang fungsional. Mulai dari power outlet untuk isi ulang baterai ponsel, sampai tempat penyimpanan botol minuman.

“Bagi seorang ibu dengan tiga anak seperti saya, banyaknya tempat penyipanan botol itu sangat penting,” katanya.

Dan yang terakhir, Naim menyebut Xpander merupakan generasi smart car alias mobil pintar. Sebab mobil ini dilengkapi teknologi dan fitur yang akan menginformasikan segala sesuatu yang perlu dilakukan si empunya mobil. Misalnya kapan saat harus ganti oli, kapan harus mengisi BBM, dan informasi penting lainnya.

Informasi itu dimunculkan dalam bentuk teks di layar yang ada di dashboard mobil. “Jadi tidak salah kalau mobil ini disebut The Next Generation MPV,” katanya.

Langsung Jatuh Cinta

Naim kemudian menceritakan perjalanan panjangnya sebelum akhirnya membeli Xpander Ultimate pada November 2017. Kisahnya diawali dari rencana Naim dan suaminya, Andi, membeli mobil baru untuk mengganti mobil sedan mereka.

Niat membeli mobil baru ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Bahkan ia dan sang suami sudah sejak lama menabung untuk membeli mobil impian. Keingingan mengganti sedan dengan mobil keluarga atau multi purpose vehicle (MPV) itu semakin kuat setelah Naim melahirkan putra ketiganya pada medio 2017 lalu.

“Selain ingin ganti mobil baru, ini juga karena kebutuhan. Karena anggota (keluarga) bertambah,” katanya.

Jadilah, pada pertengahan 2017 lalu Naim dan suaminya mulai ‘berburu’ mobil baru. Kebetulan, saat itu banyak pabrikan otomotif yang meluncurkan varian baru, khususnya di kelas MPV.

Mereka mulai mendatangi beberapa dealer resmi mobil di Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Kemudian melakukan uji produk melalui test drive. Tapi sayang, dari beberapa mobil keluarga yang telah di-test drive, tak satupun yang sreg di hati Naim dan suaminya.

“Sudah mencoba semuanya, tapi Bang Andi memutuskan tidak jadi beli,” kata Naim sambil menyebut beberapa merek mobil yang sudah mereka jajal.

Akhirnya tibalah hari itu. Pada Kamis, 10 Agustus 2017, Mitsubishi Motors memperkenalkan Mitsubishi Xpander pada ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exebition (ICE) Serpong, Tangerang, Banten. Sejak saat itu, review tentang Mitsubishi Xpander bermunculan. Baik di media cetak maupun media daring. Iklan di media juga bertebaran.

Sejak saat itu, Naim dan suaminya makin rajin membaca tulisan tentang Mitsubishi Xpander. Baik yang sifatnya ulasan atau review, maupun testimoni dari beberapa konsumen yang sudah memilikinya.

Sebulan kemudian, tepatnya pada September 2017, Mitsubishi Xpander mulai diperkenalkan di Batam, Kepri. Saat itu, mobil masa depan ini muncul dalam ajang pameran otomotif di Kepri Mall, Batam.

Tanpa menunggu lama, Naim dan suaminya melihat langsung Mitsubishi Xpander di pameran tersebut. Dan saat itu juga, mereka langsung memutuskan membeli Mitsubishi Xpander dan langsung membayar uang muka (down payment) nya.

“Lucunya, kami langsung jatuh cinta. Tanpa test drive dulu, kami langsung memutuskan, inilah mobil kami berikutnya,” kenang Naim.

Karena harus melalui proses indent, Naim baru menerima mobil impiannya itu pada awal Februari 2018. Dan, ternyata ia dan suaminya tak salah pilih. Mitsubishi Xpander Ultimate miliknya itu memang menghadirkan segala kemewahan dan kenyamanan yang lengkap untuk keluarga kecilnya.

Idola Baru di Kepri

Naim bukan satu-satunya konsumen di Kepri yang mengagumi Mitsubishi Xpander. Sebab di Kepri, Mitsubishi Xpander sudah menjadi idola baru mobil keluarga. Hal ini terlihat dari tingginya angka penjualan Mitsubishi Xpander di provinsi yang berbatasan langsung dengan beberapa negara ini.

Raditya, Sales Supervisor PT Pekanperkasa Berlian Motors Batam selaku dealer resmi Mitsubishi di Kepri, mengatakan sepanjang 2018 lalu penjualan Mitsubishi Xpander di Kepri mencapai sekitar 530 unit. Angka tersebut menunjukkan bahwa Mitsubishi Xpander mendapat sambutan yang antusias dari konsumen di wilayah tapal batas negara ini.

“Sejak awal diperkenalkan di Batam pada September 2017, sambutan pasar memang sangat baik,” kata Raditya, Jumat (22/2).

Tak hanya di Pulau Batam saja, penjualan Mitsubishi Xpander di Kepri juga meliputi beberapa wilayah kepulauan lainnya. Seperti di Kabupaten Karimun. Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura.

Selain itu, di wilayah Provinsi Kepri Mitsubishi Xpander juga sudah mengaspal di Kabupaten Lingga. Hanya saja, penjualan di Pulau Batam, pulau yang hanya berjarak 25 kilometer dengan Singapura, yang tetap mendominasi. Maklum, penduduk Batam merupakan yang terbanyak di Kepri jika dibandingkan dengan enam kabupaten/kota lainnya.

Sebenarnya, kata Raditya, permintaan Mitsubishi Xpander sampai ke wilayah Natuna. Salah satu kabupaten di Kepri yang lokasinya berada di Laut China Selatan dan berbatasan dengan beberapa negara sekaligus. Seperti Vietnam, Kamboja, Malaysia, dan Thailand ini.

Namun Raditya mengatakan, pihaknya tidak bisa melayani penjualan ke Natuna karena terkendala masalah teknis.

Pria yang akrab disapa Radit ini menambahkan, sebenarnya penjualan Mitsubishi Xpander di Kepri sepanjang 2018 lalu bisa di atas angka 530 itu. Namun karena pada awal-awal penjualan terkendala masalah pengiriman, maka proses indent pembelian jadi lebih lama.

“Tapi untuk sekarang unitnya ready stock,” kata Radit.

Radit memprediksi, tren permintaan Mitsubishi Xpander di Kepri masih akan tinggi bahkan cenderung naik pada tahun ini. Hal ini bisa dilihat dari respon pasar yang masih cukup tinggi, terutama di Kota Batam.

Radit mengaku tidak heran jika Mitsubishi Xpander kini menjadi idola baru mobil keluarga di Indonesia. Sebab dari segi kualitas dan performa, Mitsubishi Xpander memang layak menggeser dominasi MPV dari kompetitor.

Setidaknya ada lima keunggulan Mitsubishi Xpander yang tidak dimiliki pesaingnya. Antara lain dimensi yang besar. Dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm membuat mobil Mitsubishi Xpander terlihat lebih gagah dan elegan.

Keunggulan lainnya, Mitsubishi Xpander memiliki ruang kabin yang luas dan lapang. Sehingga mobil ini sangat cocok untuk keluarga.

Selanjutnya, kata Radit, Mitsubishi Xpander juga mengusung konsep mobil masa depan. Selain dari sisi penampilan, baik interior maupun ekterior, teknologi mobil ini dirancang sebagai mobil masa depan. Misalnya dari sisi mesin yang sudah sesuai standar Euro 4. (*)

Loading...