Kamis, 18 April 2024

Pura-pura Buta, Pasangan Pengemis Diamankan Satpol PP

Berita Terkait

batampos.co.id – Sepasang pengemis yang kerap memohon belas kasian pengendara di persimpangan jalan diamankan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Batam, Jumat (22/2/2019) siang. Dua pengemis ini diketahui berpura-pura buta untuk mendapat belas kasihan masyarakat, namun nyatanya sehat dan bugar.

Karena dianggap meresahkan dan menipu masyarakat pengguna jalan dengan modus pura-pura buta tadi, keduanya diangkut dan diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) kota Batam untuk dibina dan ditindak lanjuti.

Sekretaris Satpol PP Kota Batam Fridkalter membenarkan hal itu. Dua pengemis yang diamankan itu terdiri seorang pria yang masih muda dan sehat serta seorang wanita yang berusia sekitar 40 an tahun yang juga dalam keadaan sehat tanpa kekurangan ataupun cacat anggota tubuh apapun.

“Mereka sehat seperti orang pada umumnya tapi mengemis. Ini yang dikeluhkan warga makanya ditindak,” ujar Fridkalter.

Tindakan itu sambung Fridkalter merupakan pengawasan rutin terhadap gelandangan dan pengemis (gepeng) semakin hari semakin menjamur di berbagai wilayah di Batam. Penindakan ini bertujuan untuk membina dan mendidik para gepeng agar bisa mandiri baik dengan bekerja ataupun usaha.

“Masih sehat, kuat tapi ngemis kan tak bagus juga. Tindakan ini bukan menghukum tapi mengarahkan mereka agar menjari pribadi yang mandiri nantinya,” kata Fridkalter. (eja)

Update