Sejak diluncurkan secara nasional hingga tiba di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada akhir 2017 lalu, penjualan Mitsubishi Xpander cukup gemilang. Di kota yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia ini, pesona Xpander bukan hanya memikat warga Batam. Mobil keluarga yang menawarkan kebahagiaan berkendara ini bahkan jadi incaran wisatawan asing saat melancong ke Batam.

RATNA IRTATIK, Batam

Loading...

Puluhan mobil berjejer di tempat usaha milik Mey, yang berada di kawasan Ruko Pasir Putih, Batam Centre, Kota Batam. Mey adalah pengusaha jasa penyewaan atau rental mobil terkenal di Kota Batam, Auto 3000.

Ada banyak mobil penumpang dari berbagai merek di garasi tempat usahanya. Mayoritas, adalah mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) atau mobil keluarga, baik itu dari kelas small MPV maupun medium MPV. Namun, ada juga mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV), tapi jumlahnya tak banyak.

Mey bertutur, awalnya perusahaan rental mobilnya banyak membeli mobil jenis small MPV dari salah satu merek kendaraan yang cukup dikenal di Tanah Air. Mobil keluarga dengan kapasitas tujuh penumpang itu memang banyak diminati pelanggan yang menyewa mobil dari usaha rentalnya.

Namun, ketika Mitsubishi meluncurkan Xpander di Batam pada akhir 2017 lalu, Mey tergoda. Setelah menimang dan membandingkan baik dari sisi harga maupun fitur yang tersemat di dalamnya, Mey akhirnya membeli Xpander. Tak tanggung-tanggung, ia langsung membeli dalam jumlah banyak.

“Saya saat ini punya sembilan unit, satu untuk pemakaian pribadi. Sisanya lagi dirental semua, karena pilihan utama customer sekarang Xpander. Kalau tak ada lagi, baru pilih merek lain,” tutur Mey, saat ditemui batampos.co.id di kantornya, medio Januari 2019 lalu.

Mey yang merupakan salah satu pembeli Xpander periode awal di Batam, mengaku mulanya tertarik dengan harga yang ditawarkan serta desain yang gagah dari Xpander. Namun setelah memilikinya, ia justru tak bisa berpaling. Pasalnya, kata dia, meski berasal dari segmen pasar yang tak begitu berbeda dengan mobil keluarga keluaran merek lain, namun Xpander jauh lebih unggul dari berbagai sisi.

Mulai dari desain bodi kendaraan yang lebih futuristik, dapur pacu dan torsi daya yang dihasilkan sangat bertenaga, perangkat keamanan yang lebih baik, serta ditunjang dengan kenyamanan berkendara maupun saat duduk sebagai penumpang di dalamnya. Tak heran, Xpander yang ia beli tak hanya diperuntukkan untuk mobil rental, tapi ada juga yang dipakai untuk keluarganya sendiri.

“Anak saya pakai satu, yang seri Ultimate, itu yang full spesification (spesifikasi penuh), fiturnya lengkap dan aman, jadi lebih tenang kasih ke anak,” tuturnya.

Mey menunjukkan mobil Mitsubishi Xpander di depan rental mobil Auto 3000 miliknya di kawasan Batam Centre.
foto: batampos.co.id / ratna irtatik

Mey juga menyebut, Xpander yang jadi mobil rental di tempat usahanya itu, kini malah paling banyak peminat. Selain disewa warga lokal Batam maupun wisatawan domestik yang melancong ke Batam, rupanya jagoan Mitsubishi untuk mobil keluarga ini juga diminati wisawatan mancanegara (wisman) maupun pebisnis dari negara tetangga, Singapura dan Malaysia. Maklum, kota kecil di batas negeri ini memang hanya dipisahkan oleh laut dengan dua negara jiran tersebut, yang bisa ditempuh hanya dengan 45 menit hingga satu jam perjalanan menggunakan kapal feri. Maka jangan heran ketika akhir pekan, banyak warga Singapura berada di berbagai sudut Kota Batam.

“Saya ada pelanggan tetap yang orang Singapura dan Malaysia, jadi kalau mereka ke Batam sering rental mobil ke saya,” Mey bercerita.

Menurut dia, sebelum ada Xpander, awalnya pelanggan dari negeri seberang ini pilih menyewa merek mobil keluarga besutan pabrikan lain yang sebelumnya cukup dikenal di Indonesia. Namun, setelah Xpander jadi lini mobil rental Auto 3000, Mey coba menawarkan Xpander kepada pelanggan yang merupakan warga negara asing tersebut. Menurut Mey, awalnya pelanggan itu ragu.

“Tapi setelah merasakan Xpander, mereka suka banget. Setiap ke Batam malah tak mau lagi pakai yang merek lain, carinya Xpander,” kata wanita yang memulai usahanya sejak 2006 silam tersebut.

Untuk dijadikan mobil rental, ia memilih varian Sport dari Xpander. Pasalnya, varian ini punya jok berwarna hitam. Sehingga, saat digunakan sebagai mobil rental dan digunakan banyak orang berbeda, interior jok warna gelap dinilai tidak akan cepat terlihat kotor.

Menurut Mey, ketertarikan orang asing terhadap Xpander, juga sekaligus membuatnya bangga.

“Kita senang ya ada mobil yang dibuat di Indonesia tapi digemari juga sama orang dari luar negeri,” kata Mey semringah.

Ke depan, Mey juga masih berkeinginan untuk membeli lagi beberapa unit Mitsubishi Xpander. Mengingat, permintaan pasar yang masih cukup tinggi terhadap mobil Xpander untuk direntalkan. “Saya mau inden, karena varian unit yang saya inginkan belum ada yang ready stock di showroom, jadi harus sabar menunggu,” katanya.

Selain Mey, warga Batam lainnya yang juga gandrung dengan pesona Mitsubishi Xpander adalah Togutua Malau, warga Perumahan MKGR, Batuaji, Kota Batam. Ia membeli Xpander karena jatuh hati dengan desain dan lekuk bodinya yang gagah sekaligus artistik serta belum ditemukan di mobil lain di kelasnya.

“Modelnya keren dan enggak bikin bosan,” kata Togutua.

Sebelum beralih menggunakan Xpander, ia mengaku menggunakan mobil berjenis sedan dari pabrikan lain. Ketika Xpander hadir dan mulai mengaspal di Kota Batam, Togutua kepincut. “Selain modelnya bagus, kalau pakai mobil ini bangga karena banyak yang lihat dan bergumam, ini rupanya Xpander,” tuturnya, menirukan komentar rekannya.

Sejak membeli Xpander pada bulan September 2018 lalu, ia mengaku semakin menyukai kendaraan pribadinya tersebut. Betapa tidak, selain punya keunggulan desain ekterior seperti yang diungkapkannya, nyatanya Xpander juga punya keunggulan baik dari sisi interior maupun fitur unggulan lain yang tersemat di dalamnya. Seperti, ruang dan jarak kaki yang lapang, banyak terdapat tempat penyimpanan, dan fitur hiburan hingga perangkat keamanan berkelas.

“Sangat nyaman dan cocok untuk mobil keluarga pokoknya,” pujinya.

***

Penjualan yang Terus Melesat

Hadirnya Mitsubishi Xpander di Kota Batam, memang menjadi variasi pilihan bagi warga Batam yang hendak membeli mobil berjenis small MPV, namun dengan fitur yang mumpuni. Tak heran, penjualan Xpander di Batam juga cukup menggembirakan.

Sejak awal diluncurkan secara nasional dan gaungnya sampai ke kota ini, banyak warga Batam yang penasaran dengan Xpander. Sebagian di antaranya kemudian datang ke showroom Mitsubishi Motors di PT Pekanperkasa Berlian Motor Batam di Jalan Laksamana Bintan Blok IV Nomor 48 BB, Seipanas (depan Simpang Rujak), Kota Batam, untuk menanyakan mobil keluarga tersebut. Bahkan, ada yang langsung ingin membeli dan mengajukan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

“Akhirnya kami buka inden atau pemesanan Xpander sejak sebelum diluncurkan secara resmi di Batam,” ujar Raditya, Sales Supervisor PT Pekanperkasa Berlian Motors Batam.

Radit, panggilan akrabnya mengenang, saat peluncuran Xpander di Batam, tepatnya di Kepri Mall pada bulan September 2017, langsung ada SPK sebanyak 78 unit. “Itu hanya dalam 5 hari pameran,” katanya.

Setelahnya, pemesanan Xpander terus melesat. Bahkan, kata Radit, pihaknya mencatat dalam sebulan rata-rata pemesanan Mitsubishi Xpander mencapai 40 hingga 50 unit. Namun, calon pelanggan harus bersabar hingga unit yang dipesan datang. “Waktu itu kami penyerahan pertama bulan Oktober 2017, dan setelah itu peminatnya terus banyak,” tuturnya.


Staf PT Pekanperkasa Mitsubishi Motor Batam memperlihatkan interior dan kenyamanan berkendara Mitsubishi Xpander.
Foto: batampos.co.id / Ratna-Irtatik

Sampai saat ini, penjualan Mitsubishi Xpander di Batam sudah mencapai 523 unit. Itu, belum termasuk daftar antrean pemesan yang masih berjibun dan menunggu pengiriman mobil dari Jakarta. Memang, kata dia, tingginya peminat belum bisa diimbangi dengan ketersediaan unit di showroom. Karena itu, calon pembeli Xpander harus bersabar menunggu mobil idamannya datang.

“Kami harap customer tetap sabar,” ucap Radit.

Meski tinggi peminat, kata Radit, pihak Mitsubishi juga tetap memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Misalnya, terkait perawatan kendaraan. Pihaknya memberikan gratis service dan ganti oli selama tiga tahun atau maksimal jarak tempuh 50.000 kilometer (km). “Atau mana yang lebih dulu (tiga tahun atau 50.000 km) dari itu. Hal itu sekaligus jadi salah satu keunggulan layanan yang disukai pelanggan,” katanya.

Mitsubishi Xpander hadir dalam lima pilihan varian tipe. Yakni, GLX, GLS, Exceed, Sport dan Ultimate. Sedangkan untuk pilihan warna, ada warna baru deep bronze metallic atau warna cokelat, yang melengkapi lima varian warna sebelumnya. Yakni, quartz white pearl (putih), diamond black mica (hitam), sterling silver metallic (perak), titanium grey metallic (abu-abu), dan red metallic (merah).

Mobil penumpang yang diklaim punya DNA sebuah SUV ini memiliki dimensi yang cukup besar, dengan panjang 4.475 milimeter (mm), lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm serta jarak sumbu roda 2.275 mm. Dari sisi ground clearance (jarak bodi bawah dengan tanah), Xpander juga merupakan yang tertinggi di kelasnya dengan jarak ketinggian 205 mm. Xpander menggendong mesin 1,5 L Mivec DOHC 16 Valve yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 104 PS/6.000 rpm dan torsi tertinggi 141 Nm/4.000 rpm. Jangan heran jika mobil tersebut memiliki performa tangguh dan sangat bertenaga. Mesin Xpander telah memenuhi standar emisi Euro-4.

Selain itu, Xpander juga dilengkapi peredam guncangan dan suspensi shock absorber valve yang stabil dan paling nyaman di kelasnya. Ada juga peredam bunyi, sehingga membuat penumpang makin nyaman berkendara di dalamnya.

Untuk beberapa varian, Xpander juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang modern dan makin membuat nyaman berkendara. Antara lain, cruise control, sebuah teknologi yang bisa membuat kendaraan berjalan dengan kecepatan stabil tanpa harus menerus menginjak pedal gas. “Kalau di Batam, mungkin cruise control ini bisa dicoba saat tur ke kawasan Jembatan Barelang yang jalannya panjang dan lurus,” terang Radit.

Selain itu, ada juga engine cover atau penutup mesin sehingga menambah estetik area di bawah kap mesin, audio whole cover atau penutup perangkat audio, rear AC blower, wheel cover (bingkai pelek), dan masih banyak lainnya.

Dari aspek keselamatan, Mitsubishi juga membenamkan fitur berkelas bagi Xpander. Mulai dari teknologi rise body (reinforced impact safety evolution) yang terbuat dari high tensile metal, adalah suatu rangka yang kokoh dan mampu menyerap energi benturan untuk melindungi penumpang di bagian dalam kabin. Fitur ini menjaga rangka dan bentuk interior kabin tetap utuh, sehingga tingkat keselamatan penumpang lebih besar meski terjadi tumbukan.

Yang tak kalah istimewa, pabrikan juga menyematkan beberapa teknologi untuk sistem pengereman yang membantu meningkatkan keselamatan berkendara. Antara lain, teknologi anti-lock breaking system (ABS) yang berfungsi mencegah penguncian total pada rem saat diinjak mendadak dalam posisi kecepatan tinggi atau pada saat jalan licin. Sehingga, pengendara masih dapat mengendalikan kendaraannya. Sementara, teknologi electronic brake force distribution (EBD) adalah fitur untuk mendistribusikan tekanan rem secara elektronik pada masing-masing ban sesuai kebutuhan hingga diperoleh pengereman yang efektif. Serta, brake assistance (BA) adalah fitur yang berfungsi membantu pengereman agar lebih efektif, dengan menambah tekanan rem jika pengemudi kurang dalam menekan pedal rem saat pengereman mendadak.

Tak ketinggalan, ada teknologi hill start assist (HSA), suatu fitur yang mesti dimiliki mobil bertransmisi otomatis untuk menahan kendaraan mundur ke belakang saat berada di tanjakan. HSA mampu menahan mobil selama beberapa detik saat terjadi perpindahan dari menginjak rem ke gas, sehingga mampu mengurangi risiko kecelakaan saat mobil berada di tanjakan.

“Jalanan Batam kan banyak juga yang berbukit-bukit, jadi tenologi hill start assist ini bisa sangat membantu,” ujarnya.

Begitu juga untuk menstabilkan mobil saat jalan menikung pada kecepatan tinggi, tersemat teknologi active stability control (ASC), sehingga mobil tidak mengalami under steer atau over steer. Sedangkan emergency stop signal (ESS) berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pengendara lain baik di depan, belakang maupun samping berupa lampu hazard atau lampu sein kanan kiri menyala berkedip-kedip jika pengemudi mengerem secara mendadak, sehingga pengemudi kendaraan lain dapat menghindar dan waspada.

Tak hanya memikirkan pengendara, Mitsubishi juga peduli dengan keselamatan pejalan kaki. Karena itu, grill atau moncong depan Xpander dibuat membulat dan terbuat dari bahan non-logam yang lentur namun kuat agar lebih aman bagi pejalan kaki saat terjadi benturan dan bisa meminimalkan cedera.(*)

Loading...