Rabu, 24 April 2024

Dinkes Bangun Pustu Untuk Layani Warga Pulau

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kota Batam mulai mengaktifkan pelayanan di Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berada di Pulau Seraya pasca dibangun 2018 lalu.

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan keberadaan Pustu ini untuk membantu warga pulau mendapatkan layanan kesehatan. Kondisi pulau Batam yang terpisah-pisah menjadi kendala warga mendapatkan pelayanan dengan cepat.

“Misalnya yang di Pulau Seraya. Kebutuhan layanan kesehatan masih tinggi. Jadi mereka yang merasa kurang sehat bisa langsung mendatangi Pustu. Jika nanti perlu rujukan akan ditangani di sana dulu,” jelasnya, Jumat (22/2/2019).

Didi menyebutkan tahun lalu ada dua Pustu yang dibangun yaitu Pulau Seraya dan Seilekop Kecamatan Sagulung. Pelayanan pembantu ini diharapkan bisa memberikan layanan kesehatan pertama bagi warga.

“Obat cukup dan petugas juga ada perawat atau bidan. Jadi ini bisa seperti perpanjang tangan dari Puskesmas. Layanan pertama untuk warga pulau,” imbuhnya.

Didi menjelaskan warga yang tinggal di pulau membutuhkan biaya untuk mencapai Rumah Sakit atau Puskesmas. Untuk itu, pihaknya berusaha memaksimalkan fungsi dari Pustu terutama yang berada di pulau.

Lanjutnya, jaringan pelayanan Puskesmas adalah Puskesmas pembantu, keliling, dan bidan desa. Puskesmas Pembantu berfungsi memberikan pelayanan kesehatan secara permanen di suatu lokasi dalam wilayah kerja Puskesmas.

“Ini yang tengah kami dorong. Jadi setelah rampung dikerjakan, Pustu segera dioperasionalkan,” ucapnya.

Ia menambahkan, ke depan pihaknya sangat fokus pada layanan kesehatan masyarakat yang ada di hinterland. Menurutnya semua warga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama.

“Kalau memang dibutuhkan, nanti kami bisa ajukan penambahan Pustu ini. Yang penting layanan untuk warga pulau terjamin. Seperti di Belakangpadang kan ada puskesmasnya tapi kan ada kelurahan yang jauh dari puskesmas, nah disitulah fungsi Pustu,” tutupnya. (yui)

Update