Jumat, 19 April 2024

RSUD Bangun Ruang Isolasi Penyakit Menular

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah di Batuaji, tahun ini akan membangun ruangan isolasi khusus penderita penyakit menular. Ruangan ini nantinya akan dibangun di area rumah sakit.

Direktur RSUD Embung Fatimah Ani Dewiyana mengatakan pembangunan ruangan isolasi ini sangat penting, sebab sangat berpengaruh bagi pasien umum lainnya.

Untuk sementara ini, Ani mengatakan, RSUD memanfaatkan ruangan yang ada untuk ruangan isolasi khusus pasien penyakit menular tersebut.

“Saat ini kan masih belum dan ditakutkan ini membahayakan pasien lain. Apa-lagi penyakit menular sangat berisiko,” ujarnya, Selasa (26/2).

Ia menjelaskan pembangunan ruangan isolasi ini menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019. Ani menyebutkan besar anggaran untuk merampungkan pembangunan ruang isolasi mencapai Rp 5 miliar lebih.

Lebih lanjut, dia menuturkan, saat ini proses pembangunan sudah memasuki tahap lelang konsultan perencanaan. Menurutnya penyakit menular harus ditangani dengan serius. Misalnya pasien tuberkulosis (TB), hepatitis, dan penyakit menular lainnya.

“Kalau ada ruang isolasi penanganan jauh lebih baik lagi,” sebutnya.

Ani menambahkan kebutuhan peralatan medis di RSUD masih banyak yang harus dipenuhi. Bertahap satu per satu hal ini mulai diajukan baik melalui APBD maupun anggaran dari pusat.

“Kalau untuk nambah alat tahun ini belum ada. Kami dapatnya untuk bangun ruang isolasi dulu. Ya mudah-mudahan ke depan penanganan penyakit menular lebih baik,” tambah Ani. (yui)

Update