ilustrasi

batampos.co.id – Penyampaian kabar melalui surat menyurat di era millennial saat seakan sudah jadi kegiatan yang langka. Namun pengiriman surat sampai saat ini melalui kantor pos ditegaskan Kepala Kantor Pos utama Batam, Masni Gardenia Augusta masih ada meski persentasenya terkikis banyak sekali.

“Pelayanan kami tetap seperti awal kantor pos berdiri di Indonesia, yakni tetap back to basic meski era sudah berganti. Basic tugas dan kerja kami ada empat bidang bisnis utama, yakni kurir dan logistik, jasa keuangan, jasa properti dan terakhir adalah retail. Pelayanan pengiriman surat menyurat itu masuk kategori bidang kurir dan logistik,” ujarnya.

Di bidang kurir dan logistik, lanjutnya, ada pengiriman barang dan dokumen, termasuk di dalamnya pengiriman surat.

“Apalagi di Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 tentan perposan, pos dikasih tugas melaksanakan pendistribusian surat dari masyarakat. Jadi kami tegaskan, pengiriman surat menyurat tetap ada meski intensitasnya jauh menurun drastis. Begitu juga kami tetap menjual produk pos seperti materai maupun perangko,” terangnya.

Saat ini pengiriman surat menyurat lebih didominasi surat bersifat dokumen seperti surat lamaran kerja serta pengiriman kartu ucapan, itupun hanya musiman, ada tiap hari besar keagamaan saja.

Sedangkan pengiriman atau pelayanan pengiriman barang tertinggi di kantor pos, 92 persen didominasi barang e-commerce. Sisanya beragam seperti pengiriman uang serta dokumen dan surat menyurat. (gas)