Rabu, 24 April 2024

PGN Gandeng UGM Kerjasama Bidang Pendidikan, Bidang Penelitian, Bidang Pengabdian Masyarakat & Bidang Pengembangan SDM

Berita Terkait

Rabu (27/2/2019), PT Perusahaan Gas Negara Tbk melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Universitas Gadjah Mada yang diwakili oleh Direktur SDM dan Umum PGN Desima E. Siahaan serta jajaran Rektorat Universitas Gadjah Mada di Ruang Sidang Pimpinan Universitas Gadjah Mada.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam pengembangan sumber daya manusia. PGN yang saat ini berstatus Sub Holding Gas, mempunyai target jangka panjang dalam pengembangan SDM untuk mendukung peran PGN tersebut.

Sebagai perusahaan yang melakoni bisnis gas sejak 54 tahun silam, Direktur SDM dan Umum PGN, Desima Equalita Siahaan menegatakan PGN siap melebarkan sayap bisnis dalam waktu mendatang. Untuk hal itu, PGN sangat membutuhkan tenaga manusia berkualitas.

“UGM kami anggap sebagai salah satu universitas yang terpandang di Indonesia yang menjalankan peran strategis dalam mengembangkan SDM berkualitas untuk Indonesia yang lebih maju,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (1/3).

Rektor UGM, Panut Mulyono menyambut baik kerja sama yang dilakukan. Panut berharap kesepakatan kerja sama nantinya bisa segera dilaksanakan.

“Jenis kegiatan yang akan dilakukan harapannya tidak terbatas pada pekerjaan teknis konsultasi, perancangan, atau yang lainnya, tetapi juga dalam bentuk penelitian ataupun berupa pemberian beasiswa pendidikan,” kata Panut.

Panut menuturkan sektor gas akan terus berkembang sebagai salah satu alternatif sumber energi terbarukan, karena harganya yang masih lebih terjangkau dibandingkan dengan sumber energi terbarukan lainnya.

Selain itu, Indonesia juga masih memiliki cadangan gas yang cukup banyak sehingga akan menjadi tumpuan kebutuhan nasional di waktu ke depan.

Dalam kesempatan ini, Panut mengutarakan salah satu bentuk kerja sama berupa pembiayaan pendidikan melalui salah satu jalur penerimaan mahasiswa, yaitu jalur kemitraan. Selain itu, kedua belah pihak juga telah mendiskusikan peluang untuk menerima mahasiswa aktif UGM untuk melakukan kegiatan magang ataupun rekrutmen bagi lulusan UGM.

“Banyak hal yang bisa kita tindaklanjuti, semoga bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak,” pungkasnya. (*)

Update