foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Untuk men­gimbangi derasnya alur pengiriman barang keluar dari Batam ke berbagai daerah lain di Indonesia, Kantor Pos Utama Batam berencana akan mengajukan bantuan peralatan canggih yakni Digital Weighting System (DWS) ke pusat.

Apabila dikabulkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), DWS akan ditempatkan di Kantor Pos Batam Kota.

”DWS ini fungsi utamanya untuk meningkatkan pela-yanan ke masyarakat terkait pengiriman paket barang. Nantinya apabila sudah ada DWS, proses sorting barang akan lebih cepat, tak perlu dilakukan manual, tinggal mengoperasikan DWS saja semua sudah terdeteksi,” ujar Kepala Kantor Pos Utama Batam Masni Gardenia Augusta, kemarin.

Tak hanya proses sorting, dengan peralatan DWS nantinya berat barang serta ukurannya, secara otomatis akan ter-input langsung. Hal tersebut tak lagi mengharuskan petugas melakukan scan barang satu per satu secara manual.

DWS tersebut nantinya memperkuat peralatan canggih Kantor Pos Batam yang sudah ada seperti conveyor belt yang sudah lebih dulu dioperasikan. Hanya saja, kapan pastinya alat tersebut bisa dikirim ke Batam, Masni belum bisa memastikannya.

”Kami berharap tahun ini sistem pengukur berat jenis barang dan volume itu bisa segera meluncur ke Batam dan mendukung kinerja kami ke masyarakat Batam,” ujarnya. (gas)