Jumat, 19 April 2024

Pemanfaatan Dana CSR Harus Tepat

Berita Terkait

Sarana bermain anak di Pantai Kencana, Ranai.

batampos.co.id – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan, pemerintah daerah terus memanfaatkan bantuan Coorporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan Migas yang beroperasi di Natuna, untuk pembangunan infrastruktur bidang pariwata dan sumber daya manusia.

Bahkan 2018 lalu, bantuan CSR dari Medco E&P dan Primier Oil Natuna difokuskan membangun taman bermain anak di pantai Kencana Ranai dan literasi rumah baca Enisa Murof di Desa Gunung Putri, Kecamatan Bunguran Batubi. Saat ini pembangunana tersebut, manfaatnya sudah dapat dinikmati masyarakat.

“Bulan Maret ini akan aset itu akan diserahkan kepada Pemda Natuna, berupa fasilitas hiburan anak di Pantai Kencana dan taman baca di Batubi,” katanya, Jumat (1/3).

Ngesti mengatakan, pemerintah daerah mengharapkan dukungan dari perusahan Medco E&P Natuna dan Primier Oil penetapan Natuna sebagai Kawasan geopark nasional untuk menuju geopark dunia melalui UNESCO Global Geopark (UGG). Dan ditahun 2019 ini terdapat tujuh usulan bantuan CSR yang diharapkan dapat direalisasi. Diantaranya untuk peningkatan dunia wisata dalam rangkaian Natuna menuju geopark dunia.

Kasubag Hulu Migas Pemkab Natuna Nurul Huda mengatakan, daerah sudah mengajukan usulan prioritas untuk membangun taman di pantai Kencana Ranai.

“Usulan prioritas ini juga bersumber dana CSR Primier oil dan Medco E&P. Agar dapat membangun fasilitas bermain anak dan lainnya di pantai Kencana,” ujar Nurul.

Nurul merinci, tujuh usulan bantuan dana CSR di tahun 2019 di antaranya pembangunan taman terbuka Pantai Kencana, pengembangan lokasi site geopark wisata Natuna, peningkatan sumber daya manusia Palang Merah Indonesia, untuk peningkatan tenaga ahli melalui pemilihan dua siswa berprestasi dikuliahkan secara gratis.

“Selain itu, untuk pembangunan pendopo dan saung di Bukit Gundul, fasilitas pendukung literasasi Pena Senja, dan budi daya dan pembenihan ikan patin. (arn)

Update