Selasa, 23 April 2024

Disdik Jamin Kesiapan Server Jelang UNBK

Berita Terkait

Siswa-siswi SMKN terlihat serius saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer mata pelajaran Bahasa Indonesia, senin (2/4/2018). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam menjamin ketersedian server untuk persiapan jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 22 April mendatang.

”Semua server kemarin sudah dilaporkan ready oleh masing-masing sekolah pelaksana UNBK,” kata Kepala Disdik Batam Hendri Arulan, Sabtu (2/3/2019).

Ia mengatakan, server untuk pelaksanaan UNBK sudah disiapkan sekolah pelaksana. Sedangkan untuk perangkat pendukung seperti laptop dan komputer yang digunakan adalah milik sekolah dan sebagian besar siswa.

”Tahun ini kami belum bisa mendukung ketersedian perangkat secara penuh. Jadi masih minjam dari orangtua siswa,” jelasnya.

Ia menambahkan jelang pelaksaaan pihaknya juga akan menyurati  PLN Batam dan penyedia jasa internet agar bisa membantu kelancaran UNBK. Ia berharap proses ujian bisa berjalan dengan baik, sehingga tidak ada penundaan akibat gangguan listrik maupun jaringan.

”Semua tengah kami siapkan. Nanti kami tulis permohonan dan dukungan juga ke dua perusahaan penyedia jasa tersebut,” imbuhnya.

Tahun ini ada 26 sekolah menengah pertama negeri (SMPN) yang akan UNBK. Jumlah ini meningkat tajam dari tahun sebelumnya yang hanya enam sekolah.

Disdik, lanjut Hendri juga sudah memetakan pemberian bantuan laptop kepada 20 SMPN yang menggelar UNBK tahun ini. Masing-masing sekolah mendapatkan bantuan delapan laptop.

”Biar lebih maksimal untuk tahun selanjutnya. Ke depan kami akan terus berupaya memenuhi sarana dan prasaran penunjang terlaksananya UNBK di Batam,” tutupnya. (yui)

Update