Kamis, 25 April 2024

Pemkab Natuna Petakan Lokasi Rawan Kebakaran

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Daerah Natuna melakukan pemetaan lokasi rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Natuna. Tindakan ini perlu dilakukan, karena saat ini terdapat 29 titik atau lokasi yang sudah terjadi kebakaran di wilayah pulau Bunguran.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Natuna Syawal Saleh mengatakan, kebakaran lahan dan hutan di 2019 ini mengalami peningkatan dibandingkan 2018 lalu. Kondisi tersebut dipengaruhi musim kemarau yang terjadi sepanjang dua bulan terakhir.

Bahkan menurutnya, minimnya curah hujan sudah berlangsung sejak Januari hingga bulan Februari. Kebakaran terjadi mulai rumah warga, gudang kopra dan 27 titik lahan yang tersebar di pulau Bunguran.

“Penyebaran kebakaran lahan cukup tinggi sekarang, karena cuaca kemarau,” ujarnya, kemarin.

Sawal mengatakan, pihaknya sudah mencatat diawal bulan Maret ini sudah terjadi 4 titik lokasi kebakaran. Salah satunya terjadi di belakang kantor Kecamatan Bunguran Timur, lahan di Batu Sisir Desa Harapan Jaya, Desa Kelangan dan Desa Cemaga. Dan laporan kebakaran terakhir adalah lahan milik warga.

“Pemerintah daerah berharap, kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan di musim kemarau ini yang bisa berdampak kebakaran meluas. Karena bisa berdampak merugikan masyarakat lainnya,” imbaunya. (arn)

Update