Jumat, 19 April 2024

Satu Bulan Enam Kali Kebakaran Lahan

Berita Terkait

Warga Antre Beli Gas Melon

Penerimaan Pajak April Lebihi Target

batampos.co.id – Kebakaran hutan mulai marak di Kabupaten Lingga. Dalam satu bulan terakhir sudah enam kali terjadi kebakaran. Terakhir kebakaran terjadi di Telek, Kompleks TVRI, Desa Tanjungharapan, Senin (4/3). Kejadian ini menghanguskan sebidang lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar serta pepohonan kecil.

Satu unit mobil pemadam kebakaran turun memadamkan api yang sempat mening-gi setelah diterpa tiupan angin yang cukup kencang.

Walau tak ada korban jiwa dan kerugian materi, kejadian itu cukup menyita perhatian warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian dan sejumlah pengemudi yang melintas di kawasan tersebut.

Warga mengaku khawatir angin membawa api menyeberang ke kawasan perumahan sekitar.

Hanya berselang beberapa menit, sejumlah petugas damkar Dabo Singkep berhasil memadamkan api yang sempat membesar.

Menurut Kepala Satuan Damkar Dabo Singkep Dirgahayu Sentosa, yang turun ke lokasi kejadian, mengaku belum mengetahui asal muasal api yang mengakibatkan kebakaran lahan kosong tersebut. Pihaknya meminta kepada masyarakat agar bersama menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran.

“Kondisi cuaca kemarau dan angin kencang ini memang mudah mengakibatkan lahan terbakar. Supaya warga berhati-hati,” kata Sentosa.

Pria bertubuh tinggi ini juga menerangkan, selama bulan Februari telah terjadi enam kali kebakaran lahan dan satu kali kebakaran gudang. Keseluruhan kejadian tersebut dipicu oleh cuaca yang ekstrim, yakni cuaca panas ditambah angin yang kencang.

Kejadian terbesar yakni saat api melahap lahan kosong seluas empat hektare di kawasan Sergang. Mereka mengaku kesulitan untuk memadamkan api. Selain personel yang sedikit, juga dikarenakan peralatan yang tergolong minim.

“Kami juga mengharapkan masyarakat agar tidak melakukan aktivitas memba­kar lahan untuk membuka kebun. Karena kondisi cuaca yang sangat berbahaya,” kata Sentosa. (wsa)

Update