Kamis, 25 April 2024

Sempat Dilaporkan Hilang saat Melaut Nelayan Midai Ditemukan Selamat

Berita Terkait

batampos.co.id – Karmain, 50, nelayan Midai, berhasil ditemukan setelah dinyatakan hilang saat melaut, Minggu (3/3) lalu. Karmain dinyatakan hilang sejak Sabtu (2/3) oleh keluarganya. Nelayan tersebut ditemukan setelah personel Pos AL Midai melakukan upaya pencarian bersama warga.

Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setya-wan mengatakan, pihaknya menerima laporan dari nelayan Midai, Romiyati, 30, ada kapal nelayan tradisional dari Midai belum kembali dari melaut. Setelah mendapat laporan dari masyarakat, pihaknya memerintahkan Pjs, Danposal Midai Serma SAA Tri Sujatmiko untuk melaksanakan SAR dan berkoordinasi dengan organisasi nelayan Midai.

Selain itu, juga memberikan info kepada nelayan yang akan berangkat melaut dan menanyakan kepada nelayan yang baru pulang melaut.

”Pencarian dilakukan menggunakan Sea Rider Pos AL, bersama dua pompong nelayan sekitar pukul 17.30 WIB,” ujar Danlanal, Senin (3/3).

Upaya pencarian membuahkan hasil, setelah mereka menemukan Karmain dalam keadaan selamat. Pompong yang digunakan korban dalam keadaan rusak di tengah laut.

”Pencarian tidak mengalami kendala dan berhasil ditemukan sebelum malam hari,” ujarnya.

Danlanal mengimbau kepada nelayan yang mencari ikan di lautan lepas untuk memperhatikan alat keselamatan. Keselamatan penumpang dan awak kapal merupakan prioritas utama dalam berlayar dilaut.

”Kami berharap, nelayan harus mempersiapkan segala kebutuhan keselamatan sebelum melaut. Karena nelayan sangatlah rentan mengalami kecelakaan di laut,” ujarnya.

Apalagi jika cuaca buruk di tengah laut, gelombang tinggi serta angin kencang. Tentu akan memperbesar risiko nelayan mengalami laka laut. Namun, dengan mengerti tentang keselamatan dalam berlayar secara benar, maka kecelakaan laut dapat diminimalisir. (arn)

Update