Jumat, 19 April 2024

Perluas Akses Energi Baik PGN

Berita Terkait

Setelah dilakukan pengerjaan proyek sejak 27 April-31 Desember 2018, kini 5.560 Rumah Tangga di Deli Serdang bisa menikmati gas bumi.

Pembangunan jaringan gas (Jargas) sebagai infrastruktur pelayanan gas bumi kepada segmen rumah tangga di dalam negeri terus digalakkan.

Yang terbaru, pem­bangunan Jargas dilakukan di Deli Serdang, Sumatera Utara, dan kini siap di-operasikan.

Setelah penyelesaian proyek infrastruktur tersebut, PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) akan melayani kebutuhan penyaluran gas bumi kepada masyarakat.

Pemanfaatan gas bumi dalam memenuhi kebutuhan harian rumah tangga, dianggap jauh lebih efisien dan aman.

Pembangunan Jargas ini dengan total panjang pipa hingga mencapai 120.738 meter yang akan mengalir melalui 5.560 Sambungan Rumah (SR), di wilayah Kabupaten Deli Serdang, yang akan disalurkan melalui sumber gas dari Pertamina EP dengan volume gas hingga 0,2 MMSCFD.

“Dengan kehadiran Jargas tersebut, masyarakat bisa mengakses sumber energi baik dari PGN,” ungkap Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo dalam rilisnya kepada Batam Pos, Rabu (6/3).

Rencananya, lewat pipa Jargas itu, terdapat tujuh sektor terbagi dalam beberapa kelurahan yang akan dialiri gas alam.

Tujuh sektor yaitu Kelurahan Dagang Kelambir, Dagang Kerawan, Dalu XA, Pekan Tanjung Morawa, Tanjung baru, Tanjung Morawa A, Tanjung Morawa B, dan Lubuk Pakam.

“Ke depan, kami harapkan pembangunan Jargas akan lebih masif, karena gas bumi ini sangat efisien dan aman bagi penggunaan sehari-hari,” kata Dilo.

Di sisi lain, PGN juga konsisten membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas bumi.

Sampai saat ini PGN tercatat mengelola jaringan infrastruktur pipa gas sepanjang 7.453 Km.

Dari infrastruktur tersebut, PGN menyalurkan gas bumi ke 203.314 pelanggan dari berbagai segmen, seperti pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta pelanggan rumah tangga.

Penyaluran tersebar di beberapa daerah seperti Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Sorong, Papua.(une)

Update