Kamis, 25 April 2024

Bayar Pajak Bisa di Indomaret

Berita Terkait

batampos.co.id – Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) melalui Mitra Bank BJB seperti Indomaret segera diterapkan di Batam. Kepala Badan Penge-lolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Batam Azmansyah mengatakan pembayaran pajak baru dicoba di Indomaret Jakarta.

“Baru hari Rabu kemarin kita coba di Indomaret Jakarta. Mudah-mudahan bisa segera mungkin kita coba di Batam,” ujar Azmansyah, Kamis (7/3).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu kesiapan Bank BJB yang menjadi mitranya. Kendati demikian, ia menegaskan jika rencana tersebut akan dilak-sanakan pada Maret ini.

“Rencananya 11 Maret mendatang. Tapi tergantung jadwal Pak Wali (Wali Kota Batam Muhammad Rudi). Tapi yang jelas bulan Maret ini kita akan launching, tapi saya belum bisa bilang bisa dicoba di Batam, karena nunggu kesiapan dari Bank BJB. Kalau mereka sudah bilang siap, kita jalan. Tapi yang jelas kita sudah coba di Jakarta,” jelasnya.

Azmansyah menyebutkan gagasan ini merupakan bentuk pelayanan yang lebih luas bagi masyarakat. Sehingga masyarakat yang hendak membayar pajak tidak perlu repot datang ke Kantor Pajak, namun hanya dengan mendatangi gerai Indomaret yang ada di sekitar permukiman mereka.

“Jadi, kita mengagas pihak mitra untuk memberikan pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat dalam konteks pembayaran,” sebutnya.

Namun demikian, masyarakat tetap bisa memilih, sebab dalam hal transaksi melalui Indomaret ini dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5 ribu.

“Sebenarnya masih ekonomislah, daripada masyarakat harus datang jauh-jauh dan mengantre di kantor. Kalau di Indomaret mereka bisa sekalian belanja,” ucapnya.

Tak hanya itu, untuk memudahkan masyarakat membayar pajak, pihaknya akan jemput bola dengan road show ke 12 kecamatan yang ada di Batam.(une)

Update