foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam bekerjasama dengan Satpol PP dan BP Batam untuk melakukan penertiban kios-kios yang ada di sepanjang Jembatan satu Barelang. Ini untuk menata dan memperindah ikon Kota Batam tersebut.

“Memang itu akan ditertibkan. Dan yang jelas sudah ada surat peringatannya. Sudah disampaikan ke para pedagang di sana,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Ardiwinata, Jumat (8/3).

Loading...

Ardiwinata mengatakan, Jembatan Barelang nantinya akan semakin indah jika kios-kios itu dibersihkan. Akan terlihat rapi dan bersih. Termasuk akan mengurangi kendaraan yang akan parkir di kiri dan kanan jembatan.

“Ini semua dilakukan untuk kepentingan bersama. Jika itu indah, maka akan lebih menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke sana,’ katanya.

Selain itu, pantai di bawah jembatan juga akan ditata seindah mungkin. Akan dibuat lebih nyaman untuk para pengunjung. “Rencananya akan dibuat di sana tempat bersantai. Jadi akan lebih nyamanlah untuk pengunjung,” katanya.

Sementara itu, ketua forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TSP) Kota Batam Johanes Kennedy mengatakan, penataan jembatan Barelang tersebut memang mesti dilakukan. Sebagai objek wisata andalan Kota Batam, Jembatan Barelang harus bersih, indah dan rapi.

“Tak boleh lagi ada parkir kendaraan di atas jembatan. Meski memang sekarang sudah minim yang parkir di atas jembatan, tetapi memang masih ada,” katanya.

Kennedy mengatakan, jembatan yang dibangun era Habibie tersebut harus diperindah. Misalnya dengan memasang lampu berwarna warni di sana. Ini untuk memperindah Jembatan di malam hari.

“Pokoknya sebagai daerah wisata, kita harus menata destinasi wisata. Bagaimana wisman akan betah dan ingin kembali lagi berlibur ke Batam,” ujarnya.

Menurut Kennedy, jembatan Barelang dengan keunikannya harus dijaga. Harus diperindah.”Sebenarnya bukan hanya jembatan Barelang tetapi destinasi wisata lainnya juga harus tertata dengan baik. Pengunjung harus nyaman,” ujarnya.(ian)

Loading...