(Dokumentasi Medical News Today)

batampos.co.id – Minuman herbal yang berasal dari tumbuhan memang baik untuk tubuh. Salah satunya teh yang berasal dari hibiscus atau kembang sepatu.

Teh hibiskus atau kembang sepatu memiliki ciri warna merah yang unik. Di balik warnanya yang khas, tanaman tropis ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini 7 manfaat teh kembang sepatu yang bisa dinikmati dalam keadaan dingin atau panas, dilansir dari Well And Good, Jumat (8/3).

1. Kaya Akan Polifenol
Kembang sepatu memiliki kandungan polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan. Termasuk untuk menyehatkan sistem kardiovaskular, melindungi terhadap radikal bebas, dan membantu mengurangi peradangan. “Teh kembang sepatu mendapat pewarnaan luar biasa dari polifenol yang disebut anthocyanin,” kata Lindsey Joe, RD, ahli diet.


2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Polifenol dalam teh kembang sepatu telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Polifenol dari hibiscus sabdariffa memainkan peran dalam menjaga kesehatan metabolisme dan pemeliharaan tekanan darah.

3. Membantu Penurunan Berat Badan
Beberapa bukti awal menunjukkan bahwa mengonsumsi teh kembang sepatu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme yang dan berkontribusi pada penurunan berat badan yang sehat.

4. Berkontribusi Membantu Melindungi Terhadap Kanker
Seperti herbal anti-inflamasi lainnya, kembang sepatu telah ditemukan memiliki kualitas antikanker ketika dikonsumsi secara teratur. Peneliti sangat menilai ini karena kandungan polifenol yang tinggi. Sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

5. Antivirus
Hibiscus adalah antivirus. Seperti jika ada virus flu jahat yang menghampiri Anda, maka kandunganteh kembang sepatu dapat membantu melawan mereka. Satu studi menemukan bahwa teh kembang sepatu memiliki efek antivirus yang lebih kuat daripada teh hijau, teh hitam, rosehip, atau teh mawar.

6. Kaya Antioksidan
Selain polifenol, teh kembang sepatu juga merupakan sumber antioksidan yang baik, yang membantu melindungi dari radikal bebas.

7. Bebas Kafein
Teh kembang sepatu ini bebas kafein. Sehingga bisa menjadi alternatif yang menyenangkan dan beraroma ketika Anda sedang tidak menginginkan kopi. (nurul/JPG)

Loading...