Jumat, 29 Maret 2024

Lahan Baru Pembangunan BLK di Kabil

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Sejak tahun lalu, pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di Tanjungundap, Tembesi tak kunjung terealisasi. Pembebasan lahan menjadi kendala. Kemungkinan pem­ba­ngunan BLK akan bergeser ke Kabil karena di sana ada lahan yang sudah siap bangun yang dihibahkan PT Citramas Kabil.

“Kemarin kami sudah lihat lokasinya. Ada dua yang ditawarkan. Kami sudah cek lahannya. Kondisinya sudah siap bangun. Hal ini didukung juga karena berada di kawasasan industri,” kata Kepala Disnaker Batam Rudi Sakyakirti, Sabtu (9/3).

Rudi mengatakan, lahan yang dihibahkan tersebut luasnya sampai empat hektare. Dan Disnaker sudah menyampai kan hal ini ke wali kota. Nantinya kalau disetujui maka akan langsung disampaikan ke Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

“Kami laporkan dulu ke pusat. Mungkin dalam waktu dekat ini kami akan temui Kemenaker terkait kesiapan lahan ini. “Kalau mereka setuju akan dilanjutkan ke proses hibah dan usulan anggaran pembangunan tahun mendatang,” ujarnya.

Ia menambahkan, proses hibah nanti akan memakan waktu dua hingga tiga bulan. Lahan yang ditawarkan sudah siap untuk dibangun. Kondisi ini berbeda dengan lahan yang di Tanjungundap yang prosesnya belum selesai hingga saat ini

“Kita lihat nantilah. Apapun jawaban dari kementerian pasti kita dukung. Hal terpenting Batam bisa punya BLK agar pencari kerja bisa diberikan pelatihan di sana nantinya,” lanjutnya.

Sebagai kota industri, lanjutnya, keberadaan BLK sangat dibutuhkan. Pembangunan ini sudah tertunda selama satu tahun. Ia berharap anggaran yang kemarin disiapkan untuk BLK bisa digunakan kembali tahun 2020.

“Mudah-mudahan rencana ini bisa direalisasikan segera,” harap mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batam ini.(*)

Update