Jumat, 29 Maret 2024

Plafon Gedung Serbaguna NGU Rusak Parah

Berita Terkait

batampos.co.id – Gedung serbaguna Natuna Gerbang Utara (NGU) di komplek Masjid Agung, kini kondisi rusak parah. Bahkan belakangan ini sudah jarang digunakan pemerintah daerah. Saat ini gedung serbaguna yang pernah digunakan untuk pelantikan Bupati Natuna pada tahun 2011 kondisinya menyedihkan.

Tidak hanya plafon yang sudah berjatuhan, atap pun sudah banyak bocor. Hal ini dikarenakan tidak adanya perawatan yang dilakukan pada bangunan yang dulunya menjadi bagian dari ikon daerah.

Beberapa gedung yang ada di sekitar komplek Masjid Agung Natuna ini, masih digunakan oleh beberapa dinas di lingkungan Pemkab Natuna. Namun kondisinya hampir sama dengan gedung serba guna yakni banyak mengalami kerusakan.

”Dulu bagus bangunan di sini, sekarang kenapa tidak terawat. Plafonnya sudah hilang semua, tinggal kerangka saja. Padahal komplek ini (Masjid Agung, red) pernah menjadi kebanggaan masyarakat Natuna,” ujar seoarang warga Ranai kemarin.

Sebelumnya Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, pernah menyampaikan pemerintah daerah akan segera merevitalisasi masjid Agung Natuna karena kondisinya sudah memprihatinkan. Pihak telah meminta pengelola agar menginventarisir seluruh kerusakan bangunan.

Dikatakan Ngesti, masjid Agung Natuna sudah selayaknya diperhatikan dan dirawat dengan baik. Apalagi keberadaannya sebagai ikon kebanggaan masyarakat Kabupaten Natuna. Namun untuk merehabilitasi bangunan induk akan membutuhkan anggaran besar dan waktu yang lama. Akan tetapi perbaikan berbagai sarana pendukung maupun bangunan utama harus menjadi perhatian bersama.

”Saya berharap pengurus dapat menjalankan tugas dengan baik dalam mengelola komplek Masjid Agung. Karena komplek Masjid Agung adalah ikon daerah. Pengurus untuk bisa mendata kembali kerusakan, supaya bisa direvitalisasi kembali,” ujarnya. (arn)

Update