Jumat, 19 April 2024

Batam Daerah Favorit Transit Narkotika

Berita Terkait

batampos.co.id – Kasatres Narkoba Polresta Barelang AKP Abdul Rahman mengatakan dari sekian banyak kasus pengungkapan narkotika di wilayah Kepri, khususnya di Kota Batam, disimpulkan Batam hanya merupakan daerah favorit sebagai daerah transit peredaran narkotika di Indonesia.

Menurut Rahman, dari beberapa kasus pengungkapan yang dilakukan jajaran Satres Narkoba Polresta Barelang maupun instansi terkait lainnya, narkotika yang berasal dari negara tetangga Malaysia, masuk ke Indonesia melalui sejumlah pelabuhan tikus maupun pelabuhan resmi di Batam dan kemudian dibawa ke daerah lain di Indonesia.

“Kenapa saya katakan sebagai daerah transit. Kita lihat di sini banyak kasus yang diamankan di badara maupun di pelabuhan yang tujuannya ada yang ke Surabaya, dan ke luar daerah Batam,” ujarnya.

Meski Kota Batam hanya sebagai transit peredaran narkotika di beberapa wilayah Indonesia, Rahman juga mengakui bahwa peredaran narkotika di Kota Batam masih cukup tinggi. Hal ini tak terlepas dari penangkapan yang dilakukan pihaknya terhadap pengedar maupun kurir narkotika.

“Dari beberapa pengungkapan kasus masih ada dan terus ada penangkapan ataupun kegiatan lain yang kita lakukan tidak pernah berhenti. Dalam arti kata, kita selama ini terus melakukan penangkapan,” tuturnya.

Sementara dari hasil pemeriksaan terhadap beberapa orang tersangka yang diamankan itu, Satres Narkoba Polresta Barelang masih mendalami terkait ada atau tidaknya bandar besar narkotika di Kota Batam. Ia menegaskan, pihaknya tidak akan berhenti dalam mengejar bandar besar narkotika yang ada di Kota Batam.

“Beberapa yang kita amankan rata-rata bisa dikatakan sebagai kurir dengan dijanjikan upah. Dalam arti kata, besar kecilnya barang bukti yang ketika akan diserahkan kepada seseorang, ya begitu juga besar upah yang diberikan,” tuturnya.

Ia menambahkan, untuk beberapa daerah yang menjadi favorit tujuan barang haram itu mulai dari Surabaya, Palembang, Lampung, dan beberapa wilayah di Pulau Sumatera dan Jawa. Selain di Jawa dan Sumatera sabu daerah yang juga menjadi favorit adalah Nusa Tenggara Barat (NTB) yakni Lombok.

“Untuk sepanjang tahun ini mulai dari Januari sampai sekarang sudah belasan orang kurir yang kita tangani sampai sekarang. Itu termasuk dengan limpahan dari Avsec (Aviation Security Bandara Hang Nadim Batam) dan lainnya,” imbuhnya. (egi)

Update