batampos.co.id – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengatakan, status geopark global Natuna menjadi prioritas nasional. Saat ini Natuna masih dalam status Geopark Global Nasional, dan dengan aneka ragam warisan dunia, Natuna menuju status menjadi geopark dunia.

”Tahun ini, hanya Natuna yang masuk dalam persiapan geopark dunia. Dan pemerintah memprioritaskan kemajuan pariwisata di Natuna,” kata Hamid, Minggu (10/3).

Hamid mengatakan, Natuna memiliki alam dengan aneka ragam hayati yang harus dilestarikan. Mulai dari yang berada di ruang udara, puncak gunung hingga ke alam bawah laut. Bahkan warisan leluhur dan adat budaya. Maka dengan potensi tersebut dan secara geologis Natuna sudah mencukupi syarat sebagai sebuah site geopark global.


”Tim ahli nasional dan global dari UNESCO sudah meninjau langsung dan melakukan observasi di Natuna beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Dikatakan Hamid, Natuna memiliki nilai lebih, yakni disisi kemaritiman. Natuna berada di perbatasan dan letak geografisnya sebagai alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) serta potensi alamnya yang berlimpah. Bahkan Pemerintah Indonesia telah menyiapkan Natuna sebagai beranda Indonesia yang harus dikelola dan dipoles sedemikian rupa untuk keperluan berbagai aspek secara nasional. Seperti keperluan strategi pertahanan dan keamanan, industri perminyakan, basis kemaritiman nasional, alur perdagangan internasional dan aspek-aspek nasional lainnya.

”Pemerintah juga hendak menjadikan Natuna ini sebagai segmen diplomasi nasional terhadap dunia internasional. Karena berada di perbatasan dan jalur pelayaran udara dan laut internasional,” ujar Hamid.

Hamid mengatakan, dengan berbagai potensi yang dimiliki ini menjadi alasan pemerintah menargetkan Natuna sebagai geopark global menjelang pengujung tahun 2019 ini. Pemerintah daerah, Provinsi Kepri dan pusat tengah berupaya secara intens untuk mencapai target tersebut.

”Banyak daerah yang antri masuk assessment geopark global sampai bertahun-tahun, tapi Natuna yang diprioritaskan. Mudah-mudahan kerja keras ini mendapatkan hasil sesuai target,” harapnya. (arn)

Loading...