Kamis, 25 April 2024

Pembangunan Tembok Penahan Ombak Tuntas

Berita Terkait

Pulau Putri
foto: youtube

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam tengah membenahi Pulau Putri yang akan dijadikan destinasi baru untuk pengembangan pariwisata di Kota Batam.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Air, Yumasnur mengatakan penataan pulau yang berada di Kecamatan Nongsa tersebut hampir rampung.

”Progres pemasangan tembok penahan gelombang sudah hampir selesai tahun ini. Setelah itu baru kita pembenahan yang di daratannya,” ujar Yumasnur, Senin (4/3).

Pemasangan penahan gelombang itu dilakukan agar tidak terjadi erosi pantai. Selain itu, fasilitas lain seperti dermaga juga sudah terbangun.

”Secara bentuk fisik sudah kelihatan perubahannya. Nanti juga kita mau tanam pohon, sehingga kawasan itu lebih hijau dan menarik,” jelasnya.

Menurut Yumasnur, pulau yang termasuk salah satu pulau terluar ini akan dikembangkan menjadi salah satu daya tarik wisata dan diharapkan makin menggoda wisatawan mancanegara (wisman) maupun lokal untuk datang ke Batam.

”Letaknya cukup bagus, nanti bisa jadi destinasi unggulan bagi wisatawan,” ungkapnya.

Pembangunan Pulau Putri disokong oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tahun lalu, KemenPUPR sudah melakukan penimbunan bagian pulau yang terkena abrasi.

”Untuk anggarannya saya tidak tahu karena langsung dari pusat,” kata Yumasnur.

Sebelumnya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan destinasi pariwisata ini bakal segera dinikmati warga sebagai tujuan rekreasi. Terlebih, Rudi menyebut masuk ke kawasan ini akan digratiskan bagi masyarakat Batam.

Selain Pulau Putri, Pemko Batam juga akan mengembangkan Pantai Nongsa. Menurutnya, kawasan pesisri itu akan ditimbun dengan pasir.

”Saya sudah surati Gubernur Kepri terkait Pantai Nongsa ini supaya bisa dikembangkan,” tutup Rudi. (une)

Update