Kamis, 25 April 2024

ACT Mengajak Masyarakat Peka dan Peduli

Berita Terkait

batampos.co.id – Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkunjung ke redaksi Batam Pos, Rabu (13/3). ACT adalah sebuah lembaga nirlaba yang berge-rak di bidang kemanusiaan.

ACT Area 2 Indonesia, Ronio Romantika mengatakan, maksud kedatangan tim ACT ke Batam Pos adalah bersilaturahmi sekaligus mengenalkan ke masyarakat kinerja ACT.

Dijelaskannya, dalam skala besar mereka membantu penduduk Palestina yang sedang kesulitan. Sedangkan dalam skala kecil ACT hadir untuk membantu warga Indonesia di mana saja. Di Batam atau Kepri, ACT sudah hadir sejak tahun lalu.

”Kami sudah hadir di 25 provinsi di Indonesia. Di Batam sudah satu tahun dua bulan, dan sudah bergerak bersinegri dengan beberapa pihak untuk membantu masyarakat,” ujar Ronio yang datang bersama Anizul sebagai Head of Manager (HOM) Kepri dan Ilham Hafizd Rahman selaku Marcom ACT Kepri.

ACT memiliki motto cepat, tepat, dan tuntas. Kehadiran ACT juga untuk menuntaskan tantangan sosial di berbagai wilayah Indonesia. Seperti waktu bencana di Palu dan Lombok. Dalam sebulan, pihaknya berhasil mengumpulkan Rp 100 miliar untuk satu wilayah.

Tidak itu saja, mereka juga mendorong jiwa kesetiakawanan sosial seluruh warga Indonesia. Dalam kamus ACT, kedermawanan tak melulu soal uang. Tenaga dan bantuan sesuai keahlian juga masuk kedermawanan.

”Kami mengajak semua pihak untuk berkolaborasi, untuk peduli dengan sesama. Program kerja ini juga tak akan terlaksana tanpa relawan,” jelasnya.

Sementara, Marcom ACT Kepri Ilham Hafizd Rahman mengatakan, di Kepri sudah ada 100 lebih relawan yang membantu program kerja ACT. Pihaknya juga telah menyasar beberapa wilayah, seperti di hinterland.

”Di hinterland isunya macam-macam, seperti pendidikan moral dan air bersih,” ujarnya.

Dikatakannya, ACT juga telah membantu korban kebakaran dan puting beliung di Batam. Begitu juga dengan masyarakat yang sakit namun tidak ada biaya. Bagi yang sakit, pihaknya mencarikan donatur yang akan membantu biaya perobatan.

”Ini gerakan peduli dan kami mengajak semuanya untuk peduli. Untuk yang sakit, kami carikan donatur untuk membantu sampai tuntas,” pungkas Ilham.(she)

Update