Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto

batampos.co.id – Imigrasi Batam memberlakukan Imigrasi Berlakukan Bussines Card Access, untuk WNA yang melakukan perjalanan bisnis ke Batam. Pemberlakuan Imigrasi Berlakukan Bussines Card Acces ini, untuk mendukung perekonomian serta iklim investasi di Batam. Kartu diharapkan dapat memudahkan calon investor keluar atau masuk ke Batam.

“Untuk sementara pemegang Bussines Card ini hanyalah orang-orang yang pernah memegang Smartcard. Tujuannya, memang menunjang investasi,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto, Rabu (13/30.

Pendaftaran untuk pembuatan Bussines Card Access, kata Lucky dapat mendatangi langsung Kantor Imigrasi Kelas Khusus Batam di Batamcenter. Dan pelayanannya dilakukan setiap harinya.


“Bagi pemegang ex-smartcard bisa datang, untuk mendapatkan kartu ini,” tutur Lucky.

Bussines Card Accses, dijelaskan sebagai fasilitas yang mempercepat urusan calon investor di pintu-pintu masuk atau keluar imigrasi di Batam. “Jadi kayak semacam fasttrack. Mereka tidak perlu mengantri, lebih cepat,” ungkapnya.

Lalu bagaimana dengan Smartcard? Lucky mengaku sudah membicarakan penerapan smartcard ini dengan Dirjen Imigrasi di Jakarta beberapa waktu lalu. Dan bakal diterapkan dalam waktu dekat.

“Namun, sembari itu pebisnis atau investor dapat menggunakan Imigrasi Berlakukan Bussines Card Acces sementara waktu,” ucap Lucky.

Smart card dulunya program yang dijalankan pihak swasta. Namun dianggap kurang optimal. Selain itu, Kemenkumham juga melarang pihak swasta mengelola keluar masuknya orang asing. Akibat adanya larangan itu, Kantor Imigrasi Kelas I khusus Batam mengambil alih program itu dan mengoptimalkannya. Rencananya kartu pintar untuk pebisnis dan investor ini digulirkan awal tahun ini. Tapi hingga kini, masih belum berjalan optimal karena belum adanya biaya PNBP untuk pembuatan kartu ini.

Penggunaan smart card dapat mengatasi berbagai masalah berkaitan dengan kunjungan investor ke Batam. Calon investor lebih mudah keluar masuk Batam, untuk mematangkan rencana bisnisnya. (ska)

Loading...