batampos.co.id – Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah menyambut baik kemudahan layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kota Batam yang disiapkan mitra perbankan.

“Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyambut baik layanan ini,” katanya, Rabu (13/3).

Diakuinya, Pemko Batam akan selalu mendukung mitra yang membuka peluang inovasi, sehingga mudahkan masyarakat membayar pajak. Tak hanya PBB-P2. “Tetapi kit harapkan juga pajak lainnya,” kata dia.


Raja mengakui, kemudahan ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Karena pajak ini dibutuhkan pemerintah untuk modal pembangunan daerah.

Tahun ini BPPRD telah mencetak 305.452 lembar SPPT PBB-P2. Adapun target PBB-P2 tahun ini ditetapkan sebesar Rp 165 miliar.

“Dengan banyaknya kmudahan yang diberikan, kesadaran masyarakat bayar pajak kita harapkan juga semakin meningkat,” tuturnya.

Sebelumnya, Pembayaran PBB-P2 Kota Batam, bisa dilakukan dimana saja. Sebab seluruh gerai Indomaret, berkat kerja sama Bank BJB menyediakan kemudahan membayar PBB-P2. Tidak ada batas waktu pembayaran PBB-P2 per hari. Artinya warga bisa membayar pajak di Indomaret mana saja, dan kapan saja.

“Caranya juga cukup mudah. Wajib pajak datang ke Indomaret dengan membawa Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB-P2. Kemudian tunjukkan nomor objek pajaknya pada kasir, dan bayar sesuai jumlah tertera,” ujar Development Manager Indomaret Batam, Lawrence Sagala di Kantor Walikota Batam, Selasa (12/3).

Pembayaran PBB-P2 melalui Indomaret ini juga berlaku untuk objek pajak di luar Batam. Penduduk Batam yang sebagian besar warga pendatang juga bisa mebayar PBB-P2 untuk properti yang ada di luar daerah.

Program ini sudah dikembangkan di beberapa daerah. (rng)

Loading...