foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Kebakaran hutan masih terjadi di Batam, Sabtu (16/3/2019), kawasan hutan lindung Duriangkang, Mukakuning, Sei Beduk. Hutan yang letaknya tidak jauh dari kawasan industri Batamindo ini, cukup membuat masyarakat sekitar menyesalkan, pasalnya debu dan asapnya yang sampai memengaruhi jarak pandang ke kawasan industri Batamindo.

“Pasalnya ini musim kemarau, asap kebakaran hutan ini, bisa saja mengganggu pernafasan, belum lagi menganggu aktivitas warga penghuni rusun Muka Kuning,” ujar Bin Idris, salah seorang warga pengguna jalan yang hendak menuju kawasan Mukakuning.

Menurut informasi yang didapat sejauh ini, kebakaran di area hutang lindung Duriangkang ini terjadi sedari pukul 10.00 Wib pagi ini, dan hingga siang hari api masih membakar hutan seluas 7 hektar area tersebut


“Jam 10 tadi kita dapatkan info kebakarannya,” ujar Herman, Humas Manggala Agni Daops Batam.

Ia juga mengatakan, sejauh ini kesulitan pemadaman di hutan lindung Duriangkang ialah akses jalan ke lokasi, di mana dari lokasi terakhir yang bisa dimasuki mobil damkar, dibutuhkan lagi perjalanan ke area kebakaran lebih kurang sekitaran 1 kilometer.

“Lebih kurang sekitaran 1 kilometer lebih lagi ke dalam, dan mobil kita tidak bisa masuk tapi tetap kita usahakan bisa dipadamkan,” lanjutnya.

Sementara itu, selain kendala akses ke lokasi, tempat kebakaran juga jauh dari sumber air,

“Tapi setidaknya akan terus kita optimalkan. Sekarang ya kami bawa selang air ke dalam menggunakan sepeda motor dan ambil air dari dam Duriangkang pakai mesin genset,” terangnya. (cr1)

Loading...