Jumat, 29 Maret 2024

Siswa SD Basic Harumkan Nama Batam

Berita Terkait

Keith Seventh Y. Siagian

batampos.co.id – Adalah Keith Seventh Yesua Siagian, 10, telah ikut mengharumkan nama Batam.

Ia sukses meraih prestasi dengan mendapatkan nilai tertinggi dalam kategori peserta grade instrument tiga, pada olah vokal musik klasik yang digelar di hotel Arya Duta Jakarta, Minggu,(17/3/2019).

Atas prestasinya itu Keith berhak mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan pin emas dari Associated Board of The Royal Schools of Music (ABRSM).

ABRSM adalah penguji kemampuan bermusik berbasis di London, Inggris.

Sebelum adanya Ujian Associated Board of the Royal Schools of Music ABRSM di Indonesia. Para peserta ujian dari Indonesia mengikuti ujian tersebut di Singapura sebagai negara terdekat yang bisa di kunjungi.

Selain biaya besar, waktu yang disediakan untuk mengikuti ujian juga menjadi sangat besar. Untuk ujian Grade I yang tidak lebih dari 10 menit, waktu yang disediakan adalah 2 hari. Satu hari untuk tiba di Singapura dan satu harinya lagi untuk ujian.

Atas usul beberapa guru musik dan orang tua murid, maka diadakan pendekatan ke ABRSM London dan mendapatkan tanggapan positif dan mereka, sehingga untuk pertama kali ujian ABRSM di adakan pada tahun 1977 di Surabaya dengan penguji pertama Miss Ruth Gerald.

Tahun-tahun kemudian, ujian ABRSM diselenggarakan di Jakarta, Medan, Semarang, Palembang dan kota-kota lain di Indonesia, dikarenakan adanya permintaan dari guru-guru musik yang memerlukan ujian bagi murid mereka, supaya murid asuhannya mempunyai certificate ABRSM yang diakui dan di terima secara Internasional.

Hal ini dapat di lihat bahwa banyak peserta ABRSM dari Indonesia yang mendapatkan nilai baik sewaktu mereka melanjutkan studinya di perguruan tinggi di luar negeri. Bahkan banyak peserta dari Indonesia yang pernah di undang untuk mengajukan permohonan beasiswa untuk di terima di salah satu Royal Schools of Music di Inggris.

Keith dan 36 peserta lain tampil pada High Scorers’ Concert. Pada kesempatan ini Keith membawakan lagu Sweet and Low karya Joseph Barnby.

Keith Seventh Yesua Siagian ialah putra sulung pasangan Agus Siswanto, jurnalis detik.com yang bertugas di Batam dan sekitarnya dan Odor Sulastry Simanjuntak.

Keith ialah siswa kelas 6 SD Basic Christian School Batam Center.

Kemampuan dan prestasi Keith Seventh tidak terlelas dari peran sekolah musik tempatnya berlatih selama ini yakni Liszthoven Music School Batam Center. (ptt)

Update