Selasa, 19 Maret 2024

DPRD Natuna Setuju Bangun Bandara Internasional

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Wakil Ketua DPRD Natuna Hadi Candra mengatakan, wacana pemerintah pusat membangun bandara Internasional di Natuna mendapat dukungan yang sangat luar biasa dari DPRD maupun dan masyarakat. Keberadaan bandara ini sangat dibutuhkan di Natuna, sebagai kabupaten yang berada di perbatasan Utara.

”Secara lembaga legislatif, wacana ini (bandara, red) sudah disambut baik dan kita siap mendukung langkah pemerintah untuk mewujudkan ini,” kata Candra, Minggu (17/3).

Menurutnya, bandara ini memiliki banyak efek yang tinggi untuk menggerakkan roda pembangunan Natuna dari semua aspek. Keberadaanya diyakini bisa menggerakkan banyak sektor potensial di Natuna. Salah satunya sektor perikanan. Apalagi pemerintah pusat sudah membangun berbagai sarana kelautan dan perikanan di Natuna, yang tentunya sangat juga membutuhkan infrastruktur pendukung lainnya. Sehingga investor akan semakin tertarik berinvestasi ke Natuna.

Diakui Candra, salah satu pendorong masuknya investasi ke Natuna adalah mudahnya sarana transportasi. Natuna yang berada di tengah laut dan berada di perbatasan Laut Cina Selatan memerlukan bandara sebagai sarana transportasi. Tentunya bandara ini sebagai transit, bukan lagi bandara tujuan akhir.

”Ini wacana yang sangat luar biasa. Natuna selama ini membutuhkan sarana transportasi yang memadai,” ujar Candra.

Candra juga menekankan pemerintah daerah agar bersikap proaktif dalam menyambut keinginan-keinginan pusat yang menguntungkan daerah dan harus gigih menjemputnya. DPRD berharap, wacana ini jangan lagi ditunda.

”Daerah harus lebih menyiapkan kebutuhan dan harus jemput bola. Terutama soal lahannya. Paling tidak, tahun 2020 mendatang, lahan sudah disiapkan,” sebut Candra. (arn)

Update