Pemotor melintas dekat deretan kios liar di Jalan Trans Barelang, Tembesi, Sagulung).
F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Pihak Kecamatan Sagulung kembali mengingatkan pemilik dan pedagang yang menempati kios liar di Simpang Barelang agar segera pindah. Pasalnya, kawasan tersebut akan dibersihkan usai Pemilihan umum (pemilu) nanti untuk dilebarkan.

Sekretaris Kecamatan Sagulung Hardianus mengatakan, pihaknya berkomunikasi dengan pemilik kios liar di kawasan itu agar tidak menghambat proyek peningkatan akses jalan.

”Beberapa tahapan pendekatan sudah kami lakukan dan masih terus berjalan sampai saat ini. Selain itu, tim akan mendata secara pasti berapa banyak kios-kios liar di sana,” kata Hardianus, kemarin.

Sesuai dengan arahan Wali Kota Batam Muhammad Rudi, simpang tiga itu akan dilebarkan. Tujuannya untuk kelancaran arus lalu lintas dan juga mempercantik wajah perkotaan di simpang menuju kawasan wisata Barelang.

”Sudah pasti ini (pelebaran). Pak wali sendiri sudah menyampaikan, masyarakat semua harus mendukung karena untuk kepentingan bersama,” tutur Hardianus.

Pantauan di lapangan, puluhan kios liar yang berjejer di Simpang Barelang masih berdiri tegak hingga Minggu (17/3) kemarin. Kios-kios tersebut berdiri di atas row jalan dan bahkan ada yang memakan bahu jalan. Ini dikeluhkan pengguna jalan sebab kerap menyebabkan kemacetan.

Pemilik kios liar mengaku sudah mendapat informasi rencana penertiban itu, namun mereka belum mendapat peringatan apapun sehingga tetap berjualan seperti biasanya.

”Belum ada peringatan dan pemberitahuan. Kalaupun nanti digusur ya tak apa-apa asalkan ada solusi yang tepat,” ujar Heru, seorang pemilik kios. (eja)