batampos.co.id – Atlet-atlet Wushu Kepri siap menjalani masa pemusatan latihan untuk menghadapi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON). Tiga bulan ke depan, mereka akan digembleng pelatih Wushu Kepri Richardo, dimana masalah teknik, fisik, dan strategi, akan menjadi perhatian utama sang pelatih.

”Pada atlet, pelatih dan tim inilah, kami berharap Wushu Kepri bisa mengharumkan nama Kepri,” kata Ketua Wushu Indonesia (WI) Kepri, Thomas Suprapto dalam pengukuhan Tim Atlet Wushu Kepri di Camp Batam Fighter Club (BFC), Sabtu (16/3) sore.

Loading...

Hadir dalam pengukuhan itu, pendiri BFC Jakop Sucipto yang juga Ketua WI Batam. Jakop ikut memberikan motivasi pada atlet. Ada 20 atlet yang akan mengikuti pemusatan latihan. Mereka atlet terpilih dari Batam dan Tanjungpinang.

Diakuinya, atlet ini dikukuhkan guna menyonsong Pra PON yang akan digelar Juni mendatang. Sisa waktu tiga bulan ini bukan waktu yang panjang. Tapi, tetap harus optimis untuk lolos delapan besar.

Tantangan untuk lolos dan mendapatkan tiket menuju PON itu, disambut baik Jakop. Dipercaya sebagai Manager Tim Wushu Kepri Jakop berkeyakinan, target yang sudah diembannya bukan hal yang terlalu sulit.

”Sisa waktunya memang sedikit. Kita percaya. Usaha yang dilakukan selama ini tidak sia-sia,” ungkapnya.

Diakui Jakop, ia memang baru dipercaya menjabat Ketua Wushu Batam sejak setahun silam. Tapi, sejak mendirikan camp BFC, Sanda menjadi salah satu andalan untuk melengkapi teknik atlet beladiri campuran yang dibinanya. Sebagai pendiri dan pembina BFC-Camp Mixed Martial Arts (MMA), Jakop juga sudah lama membina atlet sanda.

”Jadi, cabang Sanda bukan hal baru lagi bagi Batam,” katanya.

Bermodal pengalaman itu, Jakop yakin, atlet Sanda Kepri bisa unjuk gigi di tingkat nasional. Dia juga sering mendatangkan sejumlah pelatih dari luar daerah. ”Kita optimis, semua atlet yang diberangkatkan pada Pra PON nanti,” ujarnya.

Jakop optimis menembus delapan besar Babak Kualifikasi PON XX/2020. Jika itu tercapai, sambungnya, artinya Kepri siap unjuk gigi pada PON 2020 Papua. Bahkania Jakop juga menargetkan, ada atlet Kepri yang dilirik Timnas Wushu Indonesia untuk mewakili Indonesia di ajang Internasional.

Senada juga disampaikan Ketua KONI Batam Iskandar Alamsyah. ”Fokuslah pada target. Capai prestasi. Harumkan nama Kepri,” ujarnya. Iskandar menyebut, selalu memberikan dukungan penuh pada cabor yang berpotensi menyumbangkan medali untuk Kepri.

”Tentunya cabor-cabor yang memang sudah tergabung di KONI,” tegasnya.(rng)

Loading...