Kamis, 25 April 2024

3,3 Juta Surat Suara Selesai Dilipat

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / yulitavia

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam berhasil menyelesaikan proses pelipatan 3.326.473 lembar kertas surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang.

Komisioner KPU Batam Muliadi Evendi menga-takan, proses pelipatan surat suara berlangsung sesuai dengan target selama 20 hari kerja.

”Alhamdulillah, sesuai dengan yang kami targetkan. Walaupun dalam proses pelipatan jumlah tenaga pelipat lebih sedikit dari yang direncanakan,” kata dia, Senin (18/3)

Selama proses penyortiran dan pelipatan, petugas pelipat kertas suara menemukan ribuan kertas suara yang rusak. Untuk jenis kerusakaan saat ini murni dari percetakan bukan kesalahan pekerja.

Data terakhir yang diterima total surat suara rusak mencapai 1.619 surat suara.

Kerusakan ini hampir terjadi di semua jenis surat suara. Pemilu kali ini ada lima jenis kertas suara yang digunakan yaitu DPR-RI, Kepri, Batam, DPD, serta Presiden dan Wakil Presiden.

”Semua jenis ada yang rusak. Jadi merata,” ujarnya.

Lanjutnya, surat suara yang rusak ini akan diplenokan untuk memilah kembali bentuk kerusakan surat suara. Menurutnya surat suara yang terpotong otomatis tidak bisa digunakan. Namun jika ada noda di pinggir surat suara dan itu tidak mengarah pada salah satu calon itu bisa digunakan kembali.

”Nah, ini yang akan kami sortir kembali. Nanti kami rekap dulu berapa total yang rusak. Kalau bisa sore ini (kemarin, red) kami plenokan,” ungka Muliadi.

Selanjutnya surat suara rusak ini akan dibuatkan berita acara untuk mendapatkan pergantian kertas surat suara yang baru.

”Kami usahakan secepatnya selesai. Karena seluruh daerah juga berlomba untuk mendapatkan surat suara pengganti,” tambahnya

Setelah proses pelipatan kertas suara. Pihaknya masih menunggu kedatangan logistik berupa formulir C1 untuk perhitungan pasca pemilihan nanti.

”Kalau semua sudah ada. Tinggal dimasukan dalam kotak suara masing-masing TPS sebelum didistribusikan jelang hari pemilihan,” tutupnya.

Sementara Ketua KPU Batam, Syahrul Huda menambahkan saat ini pihaknya masih menyelesaikan data pemilih tambahan dan khusus pasca penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) -2.

”Sudah pleno tingkat PPK, nanti tanggal 20 Maret baru tingkat kota. Ada ribuan yang sudah terdata,” tutupnya. (yui)

Update