batampos.co.id – Masa pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2019 dimulai kemarin (19/3). Kementerian Agama (Kemenag) mencatat jumlah pelunasan sepanjang hari kemarin ada 19.401 orang. Jumlah ini tidak seramai pelunasan hari pertama BPIH tahun lalu.

Tahun lalu tercatat sebanyak 26.396 orang calon jemaah haji (CJH) melunasi BPIH pada hari perdana.

Tetapi jika dibandingkan dengan pelunasan hari pertama BPIH 2017 silam, tahun ini lebih baik. Kemenag mencatat pelunasan hari pertama BPIH 2017 berjumlah 18.686 orang JCH.

Kasubdit Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler Kemenag Abdul Hanif menuturkan pelaksanaan pelunasan BPIH 2019 hari pertama berjalan lancar.

’’Dari jumlah 19.401 orang (yang melunasi, red), terdata 237 orang yang menggunakan non-teller,’’ katanya.

Menurut dia catatan jumlah pelunasan tersebut masih dalam kewajaran. Sebab baru berjalan hari pertama. Hanif mengingatkan bahwa tahun ini pelunasan tidak harus dilakukan melalui teller di bank. Tetapi juga bisa melalui sistem e-banking atau non-teller.

Sehingga jamaah tidak harus ke bank untuk antre melakukan pelunasan ongkos haji. Hanif mengatakan tahun ini merupakan pertama kalinya ada layanan pelunasan BPIH dengan sistem non-teller.

Untuk BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri (BSM) layanan non-teller dilakukan melalui sistem e-banking. Sedangkan untuk Bank Muamalat Indonesia (BMI) menggunakan mesin ATM.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Muhajirin Yanis mengatakan setiap harinya pelunasan BPIh ditutup pukul 15.00 WIB.

Dia mengatakan Kemenag sudah menetapkan kuota haji tahun ini sebanyak 221 ribu orang. Terbagi sebanyak 204 ribu untuk haji reguler dan 17 ribu untuk haji khusus. Kemudian untuk kuota haji reguler itu, sebanyak 202.487 kuota jemaah dan 1.513 kuota untuk tim petugas haji daerah (TPHD).

’’Artinya hampir 10 persen kuota jemaah haji reguler yang sudah terlunasi sampai dengan sore ini,’’ katanya kemarin.

Sementara itu untuk kelompok TPHD belum ada yang melakukan pelunasan. Lebih lanjut Muhadjiri menjelaskan pelunasan BPIH tahap pertama dibuka hingga 15 April depan.

Kemudian pelunasan BPIH tahap kedua bakal dilaksanakan pada 30 April hingga 10 Mei.
Rata-rata besaran BPIH tahun ini masih sama dengan tahun lalu. Yakni Rp 35,2

juta/jemaah. Meskipun secara rata-rata sama, besaran BPIH untuk tiap-tiap embarkasi ada yang mengalami kenaikan dan penurunan dibandingkan tahun lalu. (wan)

Loading...