Pekerjaan interkoneksi pipa utama ATB di Simpang Beringin

Pekerjaan optimalisasi jalur transmisi dan distribusi ATB di Simpang Beringin, Kepayang, Barelang, dan Central Batu Aji, sudah selesai dilakukan Rabu (20/3) dini hari. Usai pekerjaan suplai air mengalir bertahap ke pelanggan.

“Tim sudah bekerja maksimal, pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Saat ini tahap pemulihan suplai air ke pelanggan masih berlangsung secara bertahap,” ucap Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Rabu (20/3).

Maria mengatakan, selama masa pemulihan suplai air tidak serta merta mengalir dengan lancar. Pipa-pipa yang sebelumnya kosong terlebih dahulu diisi dengan suplai air sampai berjalan normal.

“Pelanggan yang berada dekat dari area Instalasi Pengolahan Air (IPA) akan lebih awal mendapatkan suplai air. Sebaliknya, pelanggan yang berada di wilayah tinggi dan jauh dari IPA membutuhkan waktu agar suplai bisa mengalir ke tempat pelanggan,” sebut Maria

Adapun wilayah-wilayah yang terdampak dari pekerjaan, Rabu (20/3) malam sudah mendapatkan suplai air. Bahkan lebih dari 60 persen wilayah terdampak seperti Batam Centre, Batu Aji, Marina dan Barelang suplai sudah mengalir.

“Wilayah yang terkena dampak sebagian besar sudah kembali mendapatkan suplai, meski belum maksimal. Beberapa wilayah ujung seperti Tanjung Uncang, Saguba dan sekitarnya recovery belum normal,” ujar Maria

Menurut Maria, saat suplai sudah mengalir usai perbaikan, pelanggan cenderung menggunakan air lebih banyak. Terlebih kondisi cuaca yang cukup panas terik berdampak pada konsumsi air bersih yang meningkat. Semakin banyak pelanggan menggunakan air, berpengaruh ke pelanggan lainnya terutama yang berada di daerah tinggi dan jarak yang jauh.

“Toleransi penggunaan air di pelanggan juga diperlukan, hal ini agar suplai air bisa mengalir ke tempat pelanggan lainnya. Pelanggan yang berada di dataran rendah bisa lebih berhemat menggunakan air, agar pelanggan di ujung pipa bisa mendapatkan aliran air,” ucap Maria.

Dapat diselesaikannya pekerjaan interkoneksi sejumlah pipa utama ATB, diharapkan aliran air bisa lebih optimal mengalir ke pelanggan. Informasi seputar ATB bisa menghubungi Call Center ATB (0778) 467111, atau inbox di fanpage ATB Batam. (*)