Sabtu, 20 April 2024

Pembaca, Pemadaman Listrik Masih Berlanjut

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id –  PLN Batam akan melakukan pemadaman listrik bergilir, bahkan hingga besok, Jumat (22/3/2019).

Semula pemadaman diperkirakan hanya berlangsung hingga hari ini, Kamis (21/3), namun dikarenakan perawatan mesin pembangkit listrik butuh waktu lebih lama, maka pemadaman bergilir berlanjut.

Humas PLN Batam Yoga Perdana mengatakan, pemadaman bergilir dilakukan karena ada perawatan pembangkit. Kali ini, perawatan pembangkit listrik tenaga batubara di Tanjungkasam. Perawatan terpaksa dilakukan karena tenaga pembangkit mulai tidak maksimal.

”Ini perawatan rutin. Jadwal sebenarnya April, namun karena ada pemilu kami majukan. Kalau yang kemarin, perawatan pembangkit gas. Lagi pula sebelumnya juga sedang adanya ujian nasional, makanya ditunda,” ujar Yoga, Rabu (20/3/2019).

Karena itu, ia berharap masyarakat bisa mengetahui informasi tersebut untuk persiapan sebelum pemadaman. ”Pemadaman sudah sejak Sabtu (16/3). Untuk jadwal-jadwal dan lokasi daerah yang terkena dampak pemadaman lihat di website kami,” terangnya.

Dijelaskan Yoga, pemadaman sebenarnya khusus untuk kawasan industri, namun juga berdampak ke rumah tangga yang satu jaringan. Durasi pemadaman 2 hingga 3 jam per satu wilayah yang dijadwalkan padam bergilir hingga pukul 23.30 WIB.

”Pemadaman bergilir namun tidak untuk semua rumah tangga. Jika ada yang padam melebihi jadwal, berarti beban di daerah tersebut masih tinggi, sehingga menunggu beban daerah lain turun dulu,” tutur Yoga.

Riadi, warga Batam Center mengeluhkan pemadaman listrik di rumahnya yang sudah dua kali terjadi. Apalagi pemadaman berlangsung pada siang hari di saat cuaca cukup panas.

”Mati lampu dari jam setengah dua hingga jam 5 sore. Jelas ini mengganggu waktu tidur anak-anak. Anak-anak yang seharusnya istirahat tak jadi karena kepanasan,” ujarnya.

Sementara itu, keluhan juga diungkapkan Yani. Menurut dia jadwal pemadaman bergilir tak tepat waktu. Di jadwal pemadaman bergilir hanya berlangsung 11.00 WIB 13.00 WIB, namun kenyataanya hingga pukul 14.00 WIB listrik masih padam. ”Jadwal pemadaman molor. Kami sebagai ibu rumah tangga tak bisa berbuat banyak ketika lampu mati cukup lama,” sesalnya. (rng)

 

Update