Rabu, 17 April 2024

Rute Tambahan Trans Batam Tak Kunjung Terwujud

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Saat ini jumlah rute atau trayek atau koridor Trans Batam yang efektif baru 8 rute. Ada tiga rute lagi yang sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu tetapi tak bisa direalisasikan. Jumlah armada yang terbatas menjadi penyebabnya.

“Susah tahun ini direalisasikan karena memang armada masih sangat terbatas,’ kata kepala UPT Trans Batam, Faisal, Rabu (20/3/2019).

Faizal mengatakan, ada tiga rute yang memang direncanakan untuk ditambah yakni Tembesi- Galang, Nongsa-Jodoh dan Nongsa-Punggur. Untuk tiga koridor ini memang sudah banyak permintaan dari warga agar Pemko segera mewujudkannya.

“Tapi mau bagaimana lagi, armada kita memang sangat terbatas. Kalau armada kita cukup, ya akan kita buka,” tambahnya.

Beberapa waktu lalu, seorang pengawas Trans Batam, Aji mengakui bahwa sesuai dengan Perwako no 35 tahun 2015, bahwa ketiga koridor tersebut harus dilalui trans Batam. Tetapi memang armadanya yang sangat terbatas.

“Jadi memang kita upayakan agar itu bisa segera dibuka. Kalau sekarang ini, koridor yang efektif hanya delapan koridor,’ katanya.

Terkait pelayanan di Trans Batam, Dishub terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Termasuk fasilitas yang ada di dalam bus, seperti pendingin udara dan sebagainya.

“Sejauh ini tarif juga masih tetap. Intinya kita akan memberikan yang terbaik kepada masyarakat,’ tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa saat ini jumlah bus trans Batam totalnya 82 unit.Yang rutin setiap hari beroperasi hanya 57 unit. Ada beberapa yang dijadikan cadangan dan ada beberapa yang sudah tak layak jalan.

Sementara itu, anggota komisi III DPRD Batam, Werton Panggabean mengatakan permintaan penambahan koridor ini memang sudah banyak disuarakan warga. Daerah Galang yang menjadi objek wisata harusnya bisa dilalui banyak armada trans Batam. Ini akan merangsang pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan ke Galang.

“Sudah banyak yang minta agar ke daerah Galang ini ada trans Batam. Kalau itu ada, jumlah kunjungan ke destinasi wisata di sana akan bertambah,’ ujarnya.

Tetapi kembali karena anggaran yang minim makanya penambahan armada sangat sulit dilakukan. Ia berharap Pemko untuk meminta hibah setiap tahunnya dari kementerian.”Kalau armadanya semakin banyak, yakinlah penumpang akan semakin banyak juga. Dan pelayanan yang sudah baik harus terus ditingkatkan,” katanya. (ian)

Update