F. Rani anggraini untuk batam pos
Siswa-siswi SMK Muhammadiyah Batam yang berhasil memproduksi teh dari bahan batang serai. Foto diambil Selasa (19/3/2019).

batampos.co.id – Siswa-siswi SMK Muhammadiyah Batam memamerkan hasil produksi minuman teh olahan berbahan dasar batang serai yang bernama Sitronella. Para siswa yang tergabung dalam kelompok Altizam Muhammadiyah Team ini sudah berhasil mengharumkan nama sekolah ketika hasil produksi mereka dibawa ke ajang lomba Student Company Entreprenuer se-Kota Batam pada 19 Januari 2019 lalu dan mendapatkan peringkat kedua.

Altizam Muhammadiyah Team yang beranggotakan 15 orang ini sudah bekerja sama dengan corporate social responsibility (CSR) ternama untuk mensponsori hasil karya mereka. Nantinya, produk itu akan dipasarkan ke beberapa rumah makan, restoran dan masyarakat yang mengomsumsi minuman herbal alami.

”Sudah enam bulan menjalankan produksi minuman serai ini. Dari pihak guru juga memberikan apresiasi terhadap hasil kreativitas ini,” terang Ilyas, siswa kelas 10.

Senada dengan rekannya, Mita, mengatakan pihaknya juga sudah melakukan promosi di jejaring sosial, dan responsnya baik karena bahan olahan yang dibuat secara alami itu dinilai bagus untuk kesehatan tubuh. Khasiat dari teh serai antara lain menghilangkan batuk, menyembuhkan rematik, menghindari kanker, memperlancar haid, meredakan asam urat, dan detoksifikasi.

Sementara itu, Hanin Dita selaku pembimbing siswa mengatakan, ini adalah ide murni dari siswa sebagai bentuk ekstrakulikuler yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan jiwa kewirausahaan siswa.(cr1)