Selasa, 19 Maret 2024

Kelulusan SNM-PTN Diumumkan Sore Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Yang di-tunggu-tunggu oleh hampir setengah juta pendaftar SNM- PTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) akhirnya tiba. Nanti sore (22/3) pukul 16.00 WIB, panitia me-ngumumkan nama-nama yang lolos masuk kampus negeri.

Tahun ini jumlah pelamar SNM-PTN mencapai 478.070 siswa. Hingga tadi malam, panitia belum bersedia membeber berapa jumlah pelamar yang lulus SNM PTN. Namun diperkirakan jumlahnya berkisar 100 ribu siswa. Angka ini tidak jauh berbeda dengan kelulusan SNM-PTN tahun lalu yang mencapai 110.946 orang.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Ismunandar menuturkan belum mendapatkan informasi jumlah yang lulus SNM-PTN tahun ini.

’’Sekarang para rektor sedang rapat untuk penentuan akhir,’’ katanya saat ditemui di Jakarta, Kamis (21/3).

Guru besar ITB itu menjelaskan, ketentuannya adalah kuota SNM-PTN minimal 20 persen. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan ada kampus yang menetapkan kuota mahasiswa baru dari SNM-PTN lebih dari 20 persen. Kepada pelamar SNM-PTN yang dinyatakan lulus, Ismu-nandar mengingatkan supaya tidak lupa daftar ulang.

Dia menegaskan, tahun ini pelamar yang lulus SNM-PTN tidak bisa mendaftar SBM-PTN.

Meskipun yang bersangkutan lulus untuk program studi (prodi) pilihan kedua. Dengan cara ini, Ismunandar berharap kuota kursi untuk SNM-PTN terisi dengan maksimal dan mencegah adanya kursi kosong.

Rektor Universitas Jambi (Unja) Johni Najwan menuturkan, proses penjaringan mahasiswa lewat SNM-PTN berjalan lancar. Dia mengingatkan, kelulusan SNM-PTN sejatinya berdasarkan pada pemeringkatan prestasi yang dilakukan oleh masing-masing sekolah.

’’Rektor hanya me-ngurut berdasarkan nilai itu,’’ katanya di sela peluncuran seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri (SMM PTN) Wilayah Barat di Jakarta, kemarin.

Jika ada siswa yang nilai pemeringkatannya sama, yang menjadi acuan berikutnya adalah portofolio prestasi. Bagi pelamar yang dinyatakan tidak lulus SNM-PTN, Johni menuturkan tidak perlu berkecil hati. Sebab masih ada SBM-PTN maupun seleksi mandiri seperti SMM-PTN yang baru diluncurkan kemarin.

Johni mengatakan, ada kampus yang menjalankan seleksi mandiri sendiri-sendiri. Tetapi ada juga yang bersama-sama seperti di SMM-PTN wilayah barat. Total ada 15 PTN yang bergabung dalam SMM-PTN wilayah barat tersebut. Selain Unja, ada Universitas Andalas, Universitas Syah Kuala, Universitas Ageng Tirtayasa, dan Universitas Palangkaraya. Tahun lalu jumlah pelamar SMM-PTN mencapai 48 ribu.

’’Tahun ini targetnya 50 ribu pendaftar,’’ jelasnya.

Jumlah yang diterima masih sama seperti tahun lalu, yakni sekitar 12 ribuan orang. (wan/oni)

Update