Selasa, 19 Maret 2024

Pasokan Solar Belum Stabil di Batuaji

Berita Terkait

Kendaraan Antre solar
foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Bahan bakar minyak (BBM) jenis solar masih langka di Batuaji dan Sagulung. Banyak SPBU yang kehabisan stok, sehingga antrean panjang kendaraan selalu terjadi pada SPBU yang memiliki stok solar.

Ini masih terjadi hingga, Jumat (22/3) yang mana dari sembilan SPBU yang ada hanya dua yang memiliki stok solar. Imbasnya antrean panjang kendaraan solar tak bisa dielakan di dua SPBU tersebut. Kendaraan solar yang belum kebagian solar tidak punya pilihan lain selain antre di dua SPBU tersebut.

Petugas SPBU menyampaikan pendapat yang sama. Pasokan solar ke SPBU sebenarnya sudah lama cacat. Cacat yang dimaksud bukan pada pengurangan kuota tapi penditribusian yang tidak merata tadi.

“Kuotanya tetap sesuai permintaan tapi yang dimainkan sistem pendistribusiannya itu. Satu SPBU ada, yang lain dibuat tak ada. Sama saja hasilnya, masyarakat jadi susah dapat solar,” ujar Ardi, seorang petugas SPBU di Batuaji.

Sistem seperti ini disinyalir sebagai upaya untuk mengalihkan penggunaan solar ke dexlite (nonsunsidi). Masyarakat secara halus dipaksa membeli dexlite.

Situasi yang sulit ini jadi keluhan serius pengguna solar di sana. Masyarakat berharap ini segera diatasi. Jikapun ada indikasi permainan dari oknum tertentu demi keuntungan yang lebih segera ditindak tegas agar tidak lagi menyusahkan masyarakat pada umumnya. (eja)

Update