batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam menggelar simulasi sistem informasi penghitungan suara (Situng) untuk menghadapi Pemilihan 17 April mendatang, Jumat (23/3).

Simulasi ini diikuti lima koordinator yang merupakan staf KPU Batam. Mereka juga diberikan identitas pengguna khusus untuk mengakses Situng tersebut.

Loading...

Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan mengatakan Situng ini bisa menyajikan hasil pemilihan lebih cepat. Hasil penghitungan surat suara di tempat pemungutan suara (TPS) akan dipindai melalui Situng dan diunggah di situs KPU.

“Jadi besoknya setelah pemilihan usai, warga bisa melihat dan mengetahui hasil pemilihan,” kata dia di sela-sela simulasi di Kantor KPU Batam.

Melalui Situng ini proses penghitungan suara lebih transparan dan cepat. Masyarakat bisa membantu mengawasi langsung hasil pemilihan hingga ditetapkan nantinya. “Hasilnya langsung kami unggah di situs KPU. Jadi warga bisa memantau proses perhitungan suara nantinya,” ujarnya.

Zaki mengatakan nanti petugas operator Situng ini bertugas mengimput hasil pemilihan berdasarkan TPS di masing-masing kecamatan. Berdasarkan data KPU nanti ada 2.957 TPS.

Saat ini baru ada koordinator Situng. Dalam waktu dekat ini KPU juga akan merekrut tenaga tambahan untuk dijadikan operator untuk mengelola Situng ini. Melihat total TPS pihaknya berencana merekrut 12 tenaga operator khusus Situng ini.

“Sekarang koordinator sudah kami berikan bimbingan teknis (Bimtek) pelaksanaan Situng. Nanti mereka akan membantu operator dalam menjalankan tugasnya untum mengelola Situng itu tapi kami Bimtek dulu biar mereka memahami,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi kebocoran data, nanti komputer yang akan digunakan oleh operator akan didaftarkan ke pusat. Hal ini untuk menjaga kerahasian data yang ada di sistem tersebut.

“Nanti mereka akan diberikan user atau pengguna juga. Jadi hanya mereka yang bisa mengakses Situng. Ini agar hasil pengimputan terjamin dan tak bisa diotak-atik kecuali oleh operator itu sendiri,” terangnya (yui)

Loading...