Rabu, 17 April 2024

Peserta Pemilu Mulai Kampanye Hari Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam mengumumkan 27 titik kampanye akbar yang akan dimulai 24 Maret nanti. Titik kampanye tersebar di 11 kecamatan yang ada di Batam.

“Lubukbaja tidak ada kampanye. Karena lapangan ataupun lokasi yang akan digunakan tidak ada,” kata Komisioner KPU Batam, M. Siddiq, Sabtu (23/3).

Ia menyebutkan sebelumnya pihak kecamatan mengusulkan lokasi di dekat M2, namun setelah dicek ternyata tidak mungkinkan untuk dilakukan aktivitas kampanye.

“Jadi hanya di 11 kecamatan saja. Lubukbaja kan masuk dapil tiga. Ada kecamatan lain juga seperti Batamkota. Jadi akan dialihkan ke sana semua parpol dan caleg dapil tiga tersebut. Nanti tergantung mereka mengaturnya,”jelasnya.

Sesuai dengan jadwal. Pasangan nomor urut satu Jokowi dan Makruf Amin dan partai pengusung mendapatkan jadwal kampanye lebih dulu. Mereka mulai berkampanye tanggal 24-25 Maret. Sedangkan pasangan nomor urut dua Prabowo dan Sandiaga Uno hari berikutnya 26-27 Maret.

“Jadi ada 27 titik yang bisa mereka gunakan untuk menarik suara rakyat di pemilihan 17 April mendatang,” sebutnya.

Untuk pengamanan kampanye KPU sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Jumlah massa yang akan diikutkan dalam kampanye tergantung peserta Pemilihan Umum (Pemilu).

“Nanti izin keramaiannya dari polisi. Nanti ada juga Bawaslu yang membantu mengawasi jalannya kampanye,” terangnya.

Siddiq kembali mengingatkan kepada peserta Pemilu untuk tidak melibatkan anak-anak selama berkampanye. Hal ini karena tidak dibenarkan. Menurutnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh peserta Pemilu.

“Sudah ada aturannya. Jadi mohon dipahami dan dipatuhi. Besok (hari ini, red) kan pasangan 01 sudah mulai. Jadi kami berharap kampanye bisa berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batam, Nopialdi mengatakan peserta pemilu yang akan berkampanye harus memperhatikan aturan yang ada “Mereka pasti sudah paham. Jadi kami akan pantau nanti jalannya kampanye. Harapan kami tentu tak ada pelanggaran,” ucapnya. (yui)

Update