Infused water dari lemon (Healthline)

Lemon kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai kandungan lainnya. Faktanya, lemon dapat mendukung kesehatan jantung, mengatur berat badan, dan kesehatan pencernaan. Saat ini sudah semakin banyak orang terbiasa minum air lemon atau infused water setiap hari.

Kebiasaan itu baik dilakukan karena memberikan khasiat bagi kesehatan seperti dilansir dari Healthline, Minggu (24/3). Cara yang mudah, murah, dan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kesehatan Jantung

Lemon adalah sumber vitamin C. Satu lemon menyediakan sekitar 31 mg vitamin C, yang merupakan porsi anjuran 51 persen dari asupan harian referensi (RDI). Penelitian menunjukkan bahwa makan buah-buahan dan sayuran yang kaya serat dan vitamin C mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Atur Berat Badan

Lemon sering digunakan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan. Hal iu karena serat pektin yang larut di dalamnya mengembang di perut sehingga membantu merasa kenyang lebih lama.

Teori lain menunjukkan bahwa minum air hangat dengan lemon akan membantu menurunkan berat badan.

Cegah Batu Ginjal

Batu ginjal adalah benjolan kecil yang terbentuk ketika produk limbah mengkristal dan menumpuk di ginjal. Asam sitrat dapat mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urin dan meningkatkan pH urin. Hanya 1/2-cangkir (4 ons atau 125 ml) jus lemon per hari dapat memberikan asam sitrat yang cukup untuk mencegah pembentukan batu.

Cegah Anemia

Anemia adalah defisiensi zat besi. Lemon mengandung zat besi untuk mencegah anemia dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati. Usus menyerap zat besi dari daging, ayam, dan ikan. Penyerapan ini dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin C dan asam sitrat dari lemon.

Kurangi Risiko Kanker

Diet sehat yang kaya buah-buahan dan sayuran dapat membantu mencegah beberapa kanker. Beberapa penelitian observasional telah menemukan bahwa orang yang makan paling banyak buah jeruk memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. Dalam studi tabung reaksi, banyak senyawa dari lemon telah membunuh sel kanker. Namun hal itu masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Lemon terdiri dari sekitar 10 persen karbohidrat, sebagian besar dalam bentuk serat larut dan gula sederhana. Serat utama dalam lemon adalah pektin, suatu bentuk serat larut yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Serat larut dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula dan pati. (*)

Loading...