Selasa, 16 April 2024

Kebakaran Rumah di Bengkong Polisi

Berita Terkait


Kondisi rumah salah satu warga di Kecamatan Bengkong, Batam, hangus terbakar (Boni Bani/JawaPos.com)

batampos.co.id – Kebakaran terjadi di kawasan Bengkong Polisi, Kecamatan Bengkong, Batam, Selasa (26/3/2019) sore.

Api melahap sebuah rumah yang diketahui milik Barjan, seorang marbot masjid di kawasan tersebut. Tidak hanya itu, api juga menghanguskan tumpukan palet plastik yang tersusun di depan kediaman laki-laki beranak dua itu.

Kapolsek Bengkong, AKP Yuhendri yang ditemui di TKP mengatakan, kebakaran ini tidak menyebabkan korban jiwa. Hanya saja kerugian dari insiden yang terjadi sekitar pukul 16.20 WIB ini menimbulkan kerugian hingga sekitar Rp 100 juta.

“Dari pengakuan korban (Barjan) kerugiannya sekitar Rp 100 juta. Yang terbakar juga tumpukan palet plastik cukup banyak,” kata Yuhendri, Selasa (26/3).

Untuk penyebab kebakaran sendiri, Yuhendri mengaku masih belum bisa memberikan kepastian. Pihaknya masih melakukan pendalaman dan memeriksa saksi-saksi, melakukan olah TKP.

Sementara itu, menurut informasi yang didapat dari Yudi Aditama, 38, warga yang kebetulan berada di lokasi saat kebakaran ini terjadi. Api awalnya muncul dari ranting kering yang berada di sekitar tembok yang membatasi kediaman korban. Api kemudian membesar karena sudah menjalar ke tumpukan palet plastik yang tersusun di depan rumah korban.

“Saat itu rumahnya tidak ada orang. Saya hanya bisa angkat sekitar 10 palet dan pindahkan dua motor. Habis itu api sudah membesar,” jelasnya.

Saat tengah berupaya menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan, anak perempuan korban datang dan mengatakan bahwa adiknya masih berada di rumah. Mengetahui hal tersebut, ia dan anak perempuan yang duduk di bangku sekolah SMP tersebut langsung bergegas menyelamatkan adiknya sesaat sebelum kediaman mereka terbakar.

Yudi mengaku bersyukur karena masih menyelamatkan beberapa barang milik korban, khususnya anak korban yang masih kecil. “Kakaknya panik, dia ngasih kunci ke saya. Ternyata adiknya masih ada di dalam, untungnya masih bisa diselamatkan. Kalau tahu ada orang di dalam, langsung didobrak,” kata Yudi lagi.

Selanjutnya, warga yang mengetahui terjadi kebakaran langsung bahu membahu memadamkan api. Dengan peralatan seadanya dan dibantu oleh mobil tangki air, api kemudian berhasil dipadamkan. Meskipun api telah berhasil dipadamkan, masyarakat tetap bertahan dan terus berdatangan ke lokasi ini.

Tim pemadam dari Pemerintah Kota (Pemkot) Batam yang hadir saat api telah padam, juga terlihat tetap menyiramkan air di beberapa bagian yang masih terlihat mengeluarkan asap. (bbi.jpc)

Update