Kamis, 28 Maret 2024

Suhu di Natuna Capai 33 Derajat Celcius

Berita Terkait

batampos.co.id – Cuaca panas terus mendera Kabupaten Natuna. Saat ini suhu udara tercatat 33 derajat celcius pada siang hari. Kondisi tersebut terjadi sejak beberapa bulan terakhir. Namun, pihak stasiun meteorologi Ranai mengatakan, suhu di Natuna diperkirakan tidak mengalami kenaikan lagi.

Prakirawan stasiun meteorologi Ranai Asrul Saparudin mengatakan, untuk kenaikan suhu udara saat ini dari pantauan masih kategori normal. Karena equinox biasa terjadi setahun dua kali di Indonesia yakni bulan Maret dan September.

Fenomena ini katanya, adalah pergerakan semu matahari melewati bumi bagian Selatan menuju Utara. Karena wilayah Natuna dekat equator, makanya hari tanpa bayangan terjadi biasa setiap 23 Maret. Namun pada saat ini belum ada penambahan suhu yang signifikan, sehingga yang tidak perlu dikhawatirkan masyarakat.

”Untuk suhu maksimum di Natuna tercatat 33,0 derajat celcius. Saat ini BMKG pusat sudah mengumumkan, agar masyarakat tidak ditakutkan akan berita hoaks tentang fenomena equinox,” ujar Asrul, Senin (25/3).

Seperti dirilis BMKG pusat, kata Asrul, masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari equinox sebagaimana disebutkan dalam isu yang berkembang.

Secara umum kondisi cuaca di wilayah Indonesia cende-rung masih lembab dan basah. Beberapa wilayah Indonesia saat ini sedang memasuki masa transisi atau pancaroba.

”Masyarakat tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas dengan mening katkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan keluarga serta lingkungan,” ujar Asrul.

Sementara akibat kondisi suhu yang panas yang berke­panjangan tersebut, menyebabkan sebagian besar rumput dilahan terbuka dan hutan mudah terbakar. Menurut pantauan meteorologi, hingga saat ini tercatat tiga titik panas yang terjadi di Kecamatan Bunguran Timur dan wilayah Kecamatan Bunguran Barat. (arn)

Update