Sabtu, 20 April 2024

Baru 41 Desa Miliki BUMDes

Berita Terkait

Lingga memiliki banyak objek wisata yang dapat meningkatkan PAD lingga, salah satunya air terjun ini. Foto ; Yuliana Dewi/batampos.

batampos.co.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Dodi mengaku pemerintah desa di wilayah Kabupaten Lingga banyak yang belum memiliki badan usaha milik desa (BUMDes). Dari 73 desa yang ada, baru 41 desa saja yang telah memiliki BUMDes.

Padahal, Pemerintah Kabupaten Lingga berkeinginan BUMDes ke depan sebagai wadah yang dapat menjawab segala kebutuhan dan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian warga yang tinggal di desa. Sehingga BUMDes dianggap perlu ada dan berdiri di seluruh desa.

“BUMDes sangat diharapkan dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi lokal masyarakat desa berdasarkan kebutuhan potensi tingkat desa,” kata Dodi belum lama ini dalam kegiatan sosialisasi pembentukan dan pengelolaan BUMDes di Daik Lingga dengan mengundang narasumber dari Provinsi Kepri.

Selain itu, Dodi juga menjelaskan dengan bergulirnya Undang-Undang Desa tahun 2014 mengamanahkan bagaimana pemerintah berkeinginan selalu untuk mengedepankan kesejahteraan masyarakat secara umum. Itu dapat diwujudkan, salah satunya dengan mendirikan BUMDes.

Pemkab Lingga, kata Dodi, akan terus mengupayakan agar terciptanya kesejahteraan yang merata hingga ke tingkat desa. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mendorong pemerintah desa melakukan kegiatan yang berbasis peningkatan perekonomian seperti pembentukan BUMDes. (wsa)

Update