Jumat, 29 Maret 2024

Jalan di Serasan Dicat Motif Tikar

Berita Terkait

Salah seorang warga sedang berjalan di anak tangga yang dicat motif tikar. Jalan yang berada di permukiman warga daerah Serasan ini menjadi semakin menarik dan indah dipandang mata.
foto: F. AULIA RAHMAN/BATAM POS

batampos.co.id – Jalang lingkungan di Kecamatan Serasan kini dipoles atau dicat warna warni. Motif berupa anyaman tikar pandan yang menjadi ciri khas budaya setempat.

Camat Serasan M Amin mengatakan, pemolesan dengan motif anyaman tikar pandan Serasan dilakukan pada beberapa fasilitas umum di sudut perkampungan. Antara lain, batu miring, pagar, serta beberapa anak tangga di jalan permukiman warga. Pengecatan ini untuk memberikan kesan hidup dan indah.

”Ide ini untuk menambah kesan menarik dan terlihat hidup,” kata Amin, Kamis (28/3).

Amin mengaku, konsep mewarnai sejumlah fasilitas umum tersebut karena dinilai sudut desa di Serasan kurang menarik dan terlihat biasa saja. Akhirnya diputuskan menggandeng beberapa pemerintah desa dan masyarakat Serasan, untuk memolesnya dengan memunculkan karakter Pulau Serasan.

”Pemolesan ini sudah berjalan hampir tiga bulan, tentu karakteristik dan budaya Serasan yang ditonjolkan dalam karya seni, di antaranya lukisan Pantai Sisi, penyu, tikar pandan serta gambar dinosaurus dengan skema tiga dimensi,” ujarnya.

Dikatakan Amin, pemolesan beberapa fasilitas umum tidak dibebankan pada anggaran daerah, namun murni swadaya. Baik dari segi pembiayaan maupun tenaga kerjanya. Karena mendapat dukungan banyak pihak termasuk staf kecamatan, kelurahan, desa, uspika dan para pemuda setempat.

”Ini akan terus berlanjut di seluruh kelurahan dan desa di Serasan. Karena kami sudah menetapkan kerja swadayanya bergiliran. Sebagai pulau persinggahan kapal pelni, tentu harus menampilkan suasana yang nyaman dan indah serta bersih. Sehingga membuat betah siapapun yang datang, dan berkenan untuk kembali lagi dengan membawa handai taulannya ke Serasan,” harap Amin.(arn)

Update