Jumat, 29 Maret 2024

Kebut Penyelesaian e-KTP Warga, Buka Layanan Sabtu dan Minggu

Berita Terkait

batampos.co.id – Kecamatan Sagulung membuka layanan ekstra pada hari Sabtu dan Minggu untuk merampungkan proses pengurusan e-KTP ataupun berkas kependudukan lainnya. Masyarakat yang sebelumnya kewalahan mengurus dokumen saat hari kerja, dipersilakan datang pada hari Sabtu dan Minggu pagi sebab petugas kecamatan akan siaga hingga tengah hari.

Camat Sagulung Reza Khadafi mengatakan, layanan ekstra ini dibuka mulai akhir pekan kemarin untuk mempercepat pengurusan berkas masyarakat.

”Seperti hari ini (kemarin), layanan tetap kami buka. Biar urusan lebih cepat,” kata Reza di kantor Camat Sagulung, Minggu (31/3/2019).

Layanan ekstra ini untuk mempercepat semua pengurusan berkas seperti perekaman dan pencetakan e-KTP, pengurusan akta dan berkas lainnya.

Seperti diketahui, berkas pengurusan e-KTP di Kecamatan Sagulung belum semuanya rampung. Ribuan warga masih antre untuk mendapatkan e-KTP. Terhambatnya pengurusan e-KTP ini tidak saja karena habisnya blanko, tapi juga karena masyarakat tak punya waktu untuk mengurus berkas kependudukan mereka.

Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, maka dibuka layanan ekstra di akhir pekan itu dengan harapan semua masyarakat yang wajib punya kartu identitas, bisa memiliki e-KTP sebelum pemilihan umum nanti.

”Mesin pencetak e-KTP dan petugas selalu standby. Kalau yang sibuk kerja di hari kerja, bisa urus saat akhir pekan seperti ini. Kita permudah dengan layanan ekstra ini,” kata Reza.

Dengan adanya layanan ini, Reza berharap agar warga bisa manfaatkan dengan baik. Pengurusan berkas kependudukan jangan dilakukan saat sudah terdesak, tapi dilengkapi jauh-jauh hari sebelumnya.

”Jika mau mengurus administrasi kependudukan ataupun berkas penting lainnya, maka segeralah urus. Jangan membiasakan mengurus berkas di saat butuh saja. Selagi ada kesempatan bagus seperti ini silakan urus,” imbaunya. (eja)

Update