batampos.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara resmi melantik Capt. Harpin sebagai Ketua Dewan Pengurus Wilayah Khusus (DPWK) Indonesian Maritime Pilots’ Association (INAMPA) Kepri & Asean beserta jajaran pengurus lainnya dengan jumlah 11 orang termasuk sebagai penasehat Capt. Ahmad Jauhari di Ballroom Hotel Ibis Styles Batam, Selasa (2/4).

Menhub dalam amanatnya menyatakan bahwa prospek kegiatan kemaritiman di Kepri dan khususnya perairan Selat Malaka dan Selat Singapura akan semakin padat seiring dengan pertumbuhan ekonomi kawasan maupun global. Trafik lalu lintas kapal dengan sendirinya akan semakin meningkat pula. Maka faktor keselamatan bernavigasi di laut dan perairan strategis lainnya baik yang wajib pandu luar biasa atau perairan internasional membutuhkan jasa pemanduan akan semakin tinggi.

“INAMPA goes global with zero accident menjadi modal utama dalam berkilrah dan memberikan pelayanan bagi seluruh Perwira Pandu Maritime Indonesia yang berwadah di INAMPA,” katanya.

Peningkatan kapasitas dan disiplin kerja yang tinggi dan networking organisasi perlu terus dikembangkan untuk mendukung profesionalisme sebagai tuntutan dunia usaha maritim secara khusus di era industri kemaritiman 4.0 dengan berbagai kecanggihan peralatan baik di kapal, pelabuhan, dan perangkat kerja lainnya.

“Saya berharap dengan terbentuknya DPWK ini akan semakin meningkatkan peran dan kontribusi INAMPA sebagai mitra pemerintah dalam keselamatan maritime secara khusis di Kepri dan daerah kawasan regional,” ucap Budi.

Usai pelantikan, Menko Bidang Kemaritiman membuka resmi seminar nasional tentang pemanduan di Selat Malaka dan Selat Singapura. Dalam seminar itu menyebutkan bahwa tuntutan akan keselamatan bernavigasi di laut akan terus meningkat. Kerjasama antar negara khususnya Litoral States dalam hal ini Indonesia, Malaysia, dan Singapura perlu terus ditingkatkan. Peran INAMPA sebagai wadah resmi perwira pandu maritim Indonesia bersama stakeholder kemaritiman baik di Kepri dan daerah kawasan harus disinergikan sehingga dapat memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jasa baik di dalam maupun luar negeri.

Pelantikan dan seminar nasional ini dihadiri lebih dari 250 peserta dari seluruh Indonesia, masyarakat maritim Provinsi Kepri, undangan dari negara tetangga dengan pembicara Direktur Jendral Perhubungan Laut, Kepala Staf Armada I TNI AL, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun serta Presiden INAMPA Pasoroan Herman Harianja. (rng)